PM Suriah desak warga hadiri dialog nasional

Senin, 15 April 2013 - 14:19 WIB
PM Suriah desak warga hadiri dialog nasional
PM Suriah desak warga hadiri dialog nasional
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Suriah Wael al-Halqi menyerukan pada semua warga Suriah untuk berpartisipasi dalam dialog nasional yang akan segera digelar dalam waktu dekat. Demikian dilaporkan SANA, kantor berita Suriah, Minggu (14/4/2013).

Halqi menyampaikan seruan itu saat menggelar pertemuan dengan Komite Kementerian yang bertugas menindak lanjuti perundingan damai di Suriah dengan sejumlah kelompok oposisi yang telah menyerahkan senjata kepada militer Suriah. Semua pihak dalam pertemuan tersebut menyatakan kesiapannya untuk menghadiri perundingan damai tersebut.

Sebelumnya, Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan, Pemerintah Suriah akan selalu mengulurkan tangan untuk melakukan dialog nasional yang komperhensif dengan kelompok oposisi dan partai politik Suriah. Namun, pemerintah tidak akan pernah melakukan dialog dengan boneka barat. Kelompok bersenjata juga harus menghentikan aksi teror yang selama ini mereka lancarkan.

Selama hampir dua tahun perang saudara berlangsung di Suriah, baik pasukan Pemerintah maupun kelompok pemberontak sama-sama diduga telah melakukan kejahatan perang. Serangan yang dilakukan kedua belah pihak, banyak yang menewaskan warga sipil tak berdosa.

Assad sebelumnya mengatakan, tentara bayaran dan penjahat telah melakukan operasi di beberapa titik tertentu di Suriah, aksi mereka ini didukung oleh kelompok paramiliter.

"Kepada teroris atau negara manapun yang mensponsori aksi mereka, mereka tidak mementingkan reformasi di Suriah. Bagi mereka yang terpenting adalah kerusuhan terus berlanjut," ungkap Assad.

Menurut PBB, hingga kini korban jiwa akibat perang saudara ini sudah lebih dari 70 ribu jiwa. Selain itu, lebih dari satu juta warga Suriah juga dilaporkan telah mengungsi ke sejumlah negara tetangga guna mencari perlindungan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6277 seconds (0.1#10.140)