Rusia berharap perkembangan positif di Semenanjung Korea

Kamis, 11 April 2013 - 23:08 WIB
Rusia berharap perkembangan positif di Semenanjung Korea
Rusia berharap perkembangan positif di Semenanjung Korea
A A A
Sindonews.com – Rusia mengharapkan munculnya perkembangan positif di Semenanjung Korea. Demikian dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Kamis (11/4/2013).

"Kami percaya situasinya sangat serius, karena uji coba nuklir dan peluncuran rudal bukanlah lelucon," kata Lavrov dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi lokal.

Dia mengatakan, pelanggaran terbuka atas resolusi PBB yang dilakukan oleh Korut tak bisa diterima. “Moskow telah secara konsisten mencoba untuk menenangkan situasi di Semenanjung Korea dan berdiri untuk solusi yang masuk akal dan damai untuk semua pihak,” lanjut Lavrov.

Menurut Lavrov, Rusia tidak akan berpihak dalam konfrontasi antara Pyongyang dan negara-negara tetangganya. “Situasi ini menuntut kesabaran, bukan demonstrasi kekuatan dan ancaman. Kami berharap untuk situasi yang lebih baik," kata Lavrov.

Lavrov juga memuji keputusan Amerika Serikat (AS) untuk membatalkan uji coba rudal antar benua. “Keputusan itu harus mendorong semua pihak terkait untuk tidak memompa konfrontasi dan emosi, tetapi untuk mencoba cara-cara diplomasi dan memulai kembali perundingan enam negara,” tambahnya.

Semula, AS berencana untuk menggelar uji coba rudal antar benua yang dijadwalkan dilakukan di California. Namun, mengingat meningkatnya ketegangan dengan Korut, AS memutuskan untuk menunda uji coba itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)