Mewabahnya H7N9 kemungkinan dipicu migrasi burung

Selasa, 09 April 2013 - 19:47 WIB
Mewabahnya H7N9 kemungkinan dipicu migrasi burung
Mewabahnya H7N9 kemungkinan dipicu migrasi burung
A A A
Sindonews.com – Kepala Departemen Pertanian China (MOA) mengatakan, penyebaran H7N9 atau flu burung jenis baru kemungkinan disebabkan oleh migrasi burung.

"Sumber infeksi dan penularan virus ini hingga kini masih belum jelas, tapi wabah H7N9 ini kemungkinan disebabkan oleh migrasi burung. Sebuah kemungkinan yang tidak dapat dikesampingkan," ungkap Yu Kangzhen, Kepala Dokter Hewan MOA, seperti dilasir Xinhua.

Kangzhen mengatakan, sebagian besar kasus ditemukan di pasar pedagang unggas, tapi belum ditemukan mewabah di sebuah peternakan unggas tertentu. Selain itu, virus ini juga belum menjangkiti, babi.

Guna memastikan penyebab penularan, MOA kini telah menyebarkan senjumlah tim ke pasar-pasal lokal dan sejumlah peternakan untuk mengumpulkan lebih banyak sampel darah unggas. "Dalam waktu dekat, MOA akan segera mempublikasikan hasil penemuan dan penelitian secepat dan setransparan mungkin," imbuh Kangzhen.

Kemarin, Otoritas Kesehatan China mengaku telah menemukan tiga kasus baru H7N9. Dengan demikian, sudah 24 orang warga China terinfeksi virus tersebut. Menurut pengumuman yang disampaikan Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional China (NHFPC), selama 24 jam terakhir, telah ditemukan empat kasus baru H7N9 dan satu kematian. Dengan demikian, sudah tujuh warga China yang meninggal akibat flu burung.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7042 seconds (0.1#10.140)