Tiga warga Taiwan suspect flu burung

Selasa, 09 April 2013 - 18:49 WIB
Tiga warga Taiwan suspect flu burung
Tiga warga Taiwan suspect flu burung
A A A
Sindonews.com - Otoritas Penanggulangan Penyakit Taiwan melaporkan, selama 24 jam terakhir tercatat tujuh warga Taiwan diduga suspect virus flu burung H7N9 telah dilarikan ke rumah sakit, Senin (8/4/2013). Berdasarkan hasil tes darah, empat di antaranya telah dinyatakan tak mengidap flu burung.

"Sejak awal virus H7N9 dilaporkan mewabah di pulau Taiwan pada 3 April lalu, tercatat sudah 27 orang dilaporkan menderita gejala mirip pasien flu burung. Namun, 24 di antaranya dinyatakan negatif H7N9," ungkap Chang Feng-yee, Kepala Otoritas Penanggulangan Penyakit Taiwan dalam sebuah konferensi pers.

Sayangnya, Feng-yee tidak memberikan rincian kondisi tiga orang yang masih menjalani perawatan dan tes di rumah sakit.

Sejak H7N9 mewabah di China, Pemerintah Taiwan telah meningkatkan pengawasan dan juga kebersihan unggas di sejumlah peternakan. Langkah itu dilakukan untuk mencegah mewabahnya virus tersebut.

Kemarin, Otoritas Kesehatan China mengaku telah menemukan tiga kasus baru H7N9. Dengan demikian, sudah 24 orang warga China terinfeksi virus tersebut. Menurut pengumuman yang disampaikan Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional China (NHFPC), selama 24 jam terakhir, telah ditemukan empat kasus baru H7N9 dan satu kematian. Dengan demikian sudah tujuh warga China yang meninggal akibat flu burung.

Sementara itu, Yu Kangzhen kepala Departemen Pertanian China (MOA) mengatakan, sumber infeksi dan penularan virus ini hingga kini masih belum jelas, tapi wabah H7N9 ini kemungkinan disebabkan oleh migrasi burung. Sebuah kemungkinan yang tidak dapat dikesampingkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5250 seconds (0.1#10.140)