Mantan PM Inggris Margaret Thatcher tutup usia

Senin, 08 April 2013 - 21:02 WIB
Mantan PM Inggris Margaret Thatcher tutup usia
Mantan PM Inggris Margaret Thatcher tutup usia
A A A
Sindonews.com – Mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher meninggal dunia pada usia 87 tahun, setelah sebelumnya menderita stroke, Senin (8/4/2013) pagi. Demikian dinyatakan oleh Juru Bicara Thatcher, Lord Bell, seperti dikutip dari Reuters.

"Bersama ini, dengan sangat sedih Mark dan Carol Thatcher mengumumkan, bahwa ibu mereka Baroness Thatcher telah meninggal dengan tenang setelah menderita stroke pada pagi ini," ujar Bell.

Thatcher adalah PM Inggris yang konservatif pada periode 1979-1990. Dia adalah wanita pertama dan satu-satunya yang pernah memegang jabatan itu. Karena kebijakan-kebijakannya, Tatcher dijuluki sebagai "Iron Lady".

Perdana Menteri Inggris David Cameron mengaku sangat sedih mendengar kabar ini. “Kita telah kehilangan seorang pemimpin besar, seorang Perdana Menteri besar, dan seorang warga Inggris yang besar," ujar Cameron.

Cameron mempersingkat kunjungannya ke Eropa untuk kembali ke Inggris setelah mendengar kabar duka ini. Bendera Inggris di kediaman resmi Cameron, Downing Street 10, diturunkan menjadi setengah tiang sebagai tanda berduka.

“Ratu juga menyatakan kesedihannya, setelah mendengar berita kematian Baroness Thatcher dan akan mengirim pesan pribadi simpati kepada keluarga," kata pernyataan Istana Buckingham.

Selama satu dekade terakhir, Thatcher menderita kehilangan memori akut jangka pendek dan serangkaian serangan stroke. Suami Thatcher, Denis telah lebih dulu meninggal pada 2003.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5669 seconds (0.1#10.140)