Gelar razia rutin, polisi Italia temukan emas batangan

Rabu, 03 April 2013 - 21:09 WIB
Gelar razia rutin, polisi Italia temukan emas batangan
Gelar razia rutin, polisi Italia temukan emas batangan
A A A
Sindonews.com – Polisi Italia mengaku telah menemukan emas batangan senilai 4,5 juta Euro saat menggelar razia rutin di Ponte Chiasso, kawasan Italia utara yang berdekatan dengan Lugano di selatan Swiss, Rabu (3/4/2013). Emas batangan itu ditemukan dalam sebuah bagian tersembunyi di sebuah mobil.

“Polisi yang tengah menggelar sebuah pemeriksaan rutin menjadi curiga ketika seorang mengemudi yang berada dalam mobil bersama dengan istri dan tiga anaknya, menjadi gugup. Polisi pun menemukan dua kompartemen tersembunyi di bawah kursi,” jelas pernyataan Kepolisian Italia, seperti dikutip dari channelnewsasia.

Menurut polisi, pasangan yang berkendara menuju Swiss tersebut telah memberikan jawaban mengelak. Itulah sebabnya, keluarga tersebut akhirnya dibawa ke kantor polisi dan aparat melakukan penggeledahan menyeluruh pada mobil milik keluarga tersebut.

Dalam penggeledahan itu, polisi Italia menemukan 12 batangan emas yang dibungkus oleh kertas koran. Pria pengemudi mobil itu berusia 53 tahun, berkewarganegaraan Italia dan tinggal di Swiss. Polisi pun mengenakan tuduhan pencucian uang dan menyita 12 emas batangan itu.

Polisi Italia tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui dari mana emas-emas batangan ini berasal. Menurut polisi, pria yang bekerja pada sebuah perusahaan di Swiss itu tidak memberikan penjelasan atau menunjukkan asal sah dari emas batangan tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, upaya untuk menyelundupkan emas dari Italia ke Swiss melalui Pegunungan Alpen telah meningkat drastis. Aparat yakin, penyelundupan ini dilakukan untuk menghindari pajak dan pencucian uang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7530 seconds (0.1#10.140)