Meshaal kembali terpilih sebagai Pemimpin Hamas

Selasa, 02 April 2013 - 12:53 WIB
Meshaal kembali terpilih sebagai Pemimpin Hamas
Meshaal kembali terpilih sebagai Pemimpin Hamas
A A A
Sindonews.com - Khaled Meshaal kembali terpilih sebagai pemimpin salah satu faksi terbesar di Palestina, Hamas, untuk masa jabatan empat tahun ke depan. Meshaal terpilih secara aklamasi dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh anggota Dewan Syura Hamas, Senin (1/4/2013).

Menurut sebuah sumber, proses pemilihan Pemimpin Hamas itu berlangsung secara rahasia di sebuah hotel di Kairo, Mesir. Para pemilih adalah sejumlah warga Palestina pendukung Hamas yang tinggal di Palestina dan di pengasingan, seperti dilansir MENA, kantor berita resmi Mesir.

Meshaal (56) telah menjabat sebagai Pemimpin Hamas sejak 1996 silam. Tahun lalu, dia mengatakan tidak akan lembali mencalonkan diri sebagai Pemimpin Hamas untuk periode masa jabatan yang baru.

Tapi, sebuah sumber mengatakan kepada Xinhua, bahwa Qatar, Turki, dan Mesir meninta Meshaal untuk tetap menjabat menjadi Pemimpin Hamas. Sebab, keputusannya untuk menudur dari kursi Pemimpin Hamas dilakukan pada waktu yang tidak tepat.

Hal senada juga dilontarkan oleh anggota Dewan Syura Hamas. "Meshaal memiliki posisi yang khas dalam gerakan Hamas dan dia juga punya peran penting di Timur Tengah dan dihormati oleh Turki dan Mesir," ungkap Ahmed Yousef, seorang pembantu Ismail Haneya, Perdana Menteri Hamas.

Menurut Abdel Qadder Yasseen, pakar politik di Kairo, Hamas sendiri menerima keputusan yang datang atas rekomendasi Mesir dan Qatar itu, walau peraturan yang berlaku dalam kepemimpinan Hamas menyatakan seseorang tidak dapat menjadi pemimpin untuk dua periode masa jabatan berturut-turut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3896 seconds (0.1#10.140)