Oposisi Suriah tolak dialog dengan rezim Assad

Selasa, 19 Maret 2013 - 23:28 WIB
Oposisi Suriah tolak dialog dengan rezim Assad
Oposisi Suriah tolak dialog dengan rezim Assad
A A A
Sindonews.com – Oposisi Suriah tidak akan masuk ke dalam dialog dengan rezim Presiden Bashar al-Assad. Demikian ditegaskan oleh Perdana Menteri Oposisi Suriah yang baru terpilih, Ghassan Hitto, Selasa (19/3/2013).

"Kami mengkonfirmasi kepada rakyat Suriah, bahwa tidak akan ada dialog dengan rezim Assad," kata Hitto dalam pidato pelantikannya, seperti dikutip dari GlobalPost. Hitto dipilih oleh mayoritas anggota utama Koalisi Nasional Suriah, setelah berlangsungnya konsultasi tertutup selama beberapa jam.

Hitto akan bertugas menyiapkan pemerintahan sementara yang akan berbasis di wilayah yang dikuasai pemberontak di Suriah. Dalam pidatonya, Hitto menyebut rezim sebagai "geng" yang telah menghancurkan negara Suriah.

"Prioritas utama kami adalah untuk memanfaatkan semua alat yang kami miliki untuk menjatuhkan rezim Assad," kata Hitto. Ia juga berjanji untuk menawarkan semua kemungkinan bantuan kepada penduduk yang tinggal di daerah bebas dari kontrol militer.

"Kami berjanji, bahwa kami akan menghadapi tantangan bersama-sama," kata Hitto, yang juga seorang mantan eksekutif Teknologi Informasi dan sempat bertahun-tahun tinggal di Amerika Serikat.

"Tujuan pemerintah ini tidak akan didasarkan pada kepentingan politik. Kami akan memilih menteri dan penasehat berdasarkan kemampuan teknis dan profesional," tambahnya.

Pihak oposisi bertujuan untuk membantu kehidupan sehari-hari berjalan dengan lancer di sebagian besar wilayah pemberontak, yang saat ini terperosok dalam kemiskinan dan ketidakamanan.

Hitto mengatakan, pemerintah sementara harus dibentuk dalam waktu satu bulan. “Pemerintah sementara ini akan bekerja sama dengan Angkatan Darat Pembebasan Suriah untuk menjamin keamanan dan aturan hukum bagi warga sipil,” ujarnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6892 seconds (0.1#10.140)