Reaktor nuklir Fukushima alami pemadaman listrik

Selasa, 19 Maret 2013 - 19:07 WIB
Reaktor nuklir Fukushima alami pemadaman listrik
Reaktor nuklir Fukushima alami pemadaman listrik
A A A
Sindonews.com – Reaktor nuklir Fukushima mengalami pemadaman listrik, Selasa (17/3/2013). Para insinyur di Fukushima pun berupaya keras untuk mengembalikan daya ke sistem pendingin reaktor nuklir tersebut.

Kenichi Tanabe, Juru Bicara Tepco, perusahaan listrik di Jepang mengatakan, tidak ada bahaya langsung atas pemadaman ini. Namun, mereka mengakui, bahwa mereka tidak tahu mengapa kesalahan itu bisa terjadi.

"Aliran listrik ke kolam yang digunakan untuk mendinginkan bahan bakar bekas di reaktor 1, 3, dan 4 telah terhenti. Termasuk peralatan yang digunakan untuk mengobati debit kontaminasi radioaktif,” kata Tanabe, seperti dikutip dari Reuters.

Sejauh ini, insiden tersebut belum mempengaruhi pendinginan injeksi air ke reaktor nomor 1, 2, dan 3. “Suhu dari semua kolam bahan bakar masih jauh di bawah batas keselamatan, yakni 65 derajat celcius. Namun, suhu terus meningkat sebesar 0,3-0,4 derajat celcius setiap jamnya,” lanjut Tanabe.

Menurut Tanabe, pada tingkat suhu sekarang ini dan jika daya listrik tidak dikembalikan, kolam bahan bakar yang digunakan di reaktor 4 bisa mencapai suhu 65 derajat celcius dalam kurun empat hari ke depan. "Saat ini kami berusaha untuk mengembalikan tenaga listrik," kata Tanabe.

Masayuki Ono, Pejabat Kepala Tenaga Nuklir Tepco mengatakan pada konferensi pers pada Selasa (19/3/2013) pagi, bahwa saat ini kolam terpanas mencapai suhu 30,5 derajat celcius.

"Kami memprioritaskan pemulihan daya listrik dan operasi restart. Tapi, jika itu membutuhkan waktu yang lama, kita bisa menuangkan air pendingin bila diperlukan, sehingga skenario terburuk dapat dihindari," katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)