Iran luncurkan kapal perusak buatan dalam negeri

Minggu, 17 Maret 2013 - 22:18 WIB
Iran luncurkan kapal...
Iran luncurkan kapal perusak buatan dalam negeri
A A A
Sindonews.com – Iran meluncurkan kapal perusak buatan dalam negeri yang diberi nama Jamaran 2, Minggu (17/3/2013). Ini adalah kapal perusak kedua yang diproduksi di dalam negeri Iran. Peluncuran dilakukan di Laut Kaspia.

Dalam upacara yang diadakan di kota pelabuhan Bandar Anzali, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memuji pembangunan kapal ini. “Ini adalah prestasi besar untuk Republik Islam Iran. Peluncuran kapal perang canggih di Laut Kaspia akan menjadi langkah menuju pembentukan keamanan di wilayah laut,” ujar Ahmadinejad, seperti dikutip dari Press TV.

Menurut laporan Press TV , kapal perang itu telah dirancang dan dibangun oleh para ahli di Departemen Pertahanan Iran dan memiliki peralatan navigasi dan sistem pertahanan yang kompleks.

Menurut laporan itu, Jamaran 2 memiliki bobot 1.420 ton dan didukung oleh mesin berkekuatan 20 ribu tenaga kuda, serta mampu mencapai kecepatan 30 knot. Kapal ini juga memiliki kemampuan untuk membawa helikopter, meluncurkan berbagai jenis rudal, ditopang artileri canggih, dan memiliki torpedo.

Jamaran 2 juga dilengkapi dengan sistem perang elektronik. Jamaran-2 secara resmi akan bergabung dengan armada Angkatan Laut Iran dalam enam bulan ke depan, setelah diakukan tes akhir. Sebelumnya pada 2010, Iran telah berhasil meluncurkan Jamaran 1 yang dilengkapi dengan radar modern dan kemampuan perang elektronik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)