TKI di Sabah dievakuasi

Selasa, 05 Maret 2013 - 21:52 WIB
TKI di Sabah dievakuasi
TKI di Sabah dievakuasi
A A A
Sindonews.com - Pemerintah melakukan evakuasi terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Sabah yang saat ini sedang berkonflik.

Menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, total TKI yang bekerja di Sabah dengan jenis pekerjaan pekerja di perkebunan sawit mencapai 8000 orang. Namun khusus TKI yang berada di kawasan konflik sekitar 600 pekerja.

Dia menjelaskan, Atase Tenaga Kerja dan Konsuler Jenderal RI di Sabah masih melakukan evakuasi secara bertahap atas 600 orang tersebut. Dengan bekerjasama dengan otoritas perkebunan kelapa sawit atau yang disebut felda akan membantu mengevakuasi TKI yang bekerja di site Sahabat 17, site Semporna dan site Tandau. “Mereka sudah dievakuasi ke lokasi yang aman,” katanya di gedung Kemenakertrans kemarin.

Muhaimin menambahkan, pemerintah Indonesia melalui KJRI di sabah sudah mendesak pemerintah Malaysia agar turut melindungi keselamatan para TKI di daerah konflik dengan mengkoordinasikan keamanan antara kepolisian setempat dengan petugas KJRI. Pemerintah Malaysia perlu menyadari meski berstatus pekerja migrant namun mereka adalah juga warga sipil yang harus dilindungi.

Mantan wakil ketua DPR ini menjelaskan, monitoring akan terus dilakukan sampai konflik berdarah ini berakhir. Pemerintah juga meminta apabila ada data atau informasi tambahan mengenai TKI yang bekerja di Sabah agar cepat disampaikan sehingga tidak ada TKI yang tidak terevakuasi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3553 seconds (0.1#10.140)