Jerman: Penjualan senjata ke negara teluk bertujuan lindungi Israel

Kamis, 28 Februari 2013 - 13:22 WIB
Jerman: Penjualan senjata...
Jerman: Penjualan senjata ke negara teluk bertujuan lindungi Israel
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertahanan Jerman Thomas de Maiziere mengatakan, penjualan senjata ke negara-negara pesisir di Teluk Persia bertujuan untuk melindungi Israel. Komentar Maiziere datang setelah Jerman mendapat kritik keras karena peningkatan volume penjualan senjata produksi Jerman ke Arab Saudi.

Maiziere mengatakan, membela Israel melawan Iran itu lebih penting dari memikirkan hak asasi manusia yang terjadi di Arab Saudi.

Menurut laporan Suddeutsche Zeitung sepekan yang lalu, ekspor senjata produksi Jerman ke negara teluk mencapai USD1,88 milliar sepanjang 2012. Konsumen utama senjata produksi Jerman di negara teluk adalah Arab Saudi.
Selain Arab Saudi,negara lainnya adalah Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Volker Kauder, Ketua Christian Social Union di parlemen membela penjualan senjata ke Arab Saudi. "Meskipun tidak ada kebebasan beragama di Arab Saudi dan cenderung menjalani praktik anti semit, tapi negara ini berperan sebagai penyeimbang kekuatan Iran di kawasan timur tengah," ungkap Kauder.

Sementara itu, Amnesty Internationald dalam sebuah laporan mereka mengataka, persenjataan termasuk amunisi senjata api kecil yang dijual Jerman ke Timur Tengah dan Afrika Utara digunakan oleh aparat keamanan untuk menekan aksi protes yang dilancakan oleh warga.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7863 seconds (0.1#10.140)