Turki dukung hak nuklir Iran

Kamis, 28 Februari 2013 - 13:15 WIB
Turki dukung hak nuklir Iran
Turki dukung hak nuklir Iran
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu kembali menegaskan, bahwa Turki tetap mendukungan hak Iran untuk mengembangkan energi nuklir demi tujuan damai

"Teknologi nuklir adalah produk manusia dan semua bangsa berhak menggunakan teknologi itu," ungkap Davutoglu. "Turki akan terus mendukung Iran untuk memperoleh akses guna terus mengembangkan teknologi tersebut," imbuh Davutoglu.

Penyataan ini mengacu pada Deklarasi Teheran yang dirilis pada Mei 2010, setelah pembicaraan trilateral antara Iran, Turki, dan Brasil. Disebutkan, bahwa Iran sepakat untuk menukar bahan bakar reaktor nuklirnya dengan uranium dengan kandungan yang lebih rendah agar tidak merusak wilayah Turki.

Davutoglu mengatakan, bahwa sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan banyak negara Eropa terhadap Iran, bertentangan dan membuat implementasi deklarasi tersebut terhambat.

"Sikap Turki pada sanksi Iran jelas. Kesepakatan yang terjalin dengan Iran dalam waktu dua tahun hilang begitu saja dan masalah tentang pengayaan nuklir Iran masih terjadi. Tapi, Turki tetap ingin Iran melanjutkan perundingan seputar program pengayaan nuklirnya dan menemukan solusi damai," jelas Davutoglu.

Seperti diketahui, pekan ini Iran dan kekuatan dunia dari kelompok P5+1 telah melakukan putaran pertama tentang perundingan nuklir Iran di Kota Almaty, Kazakhstan.

Sepanjang pembicaraan, P5 +1 yang terdiri dari AS, Rusia, China, Inggris, dan Perancis plus Jerman, dilaporkan menuntut agar Iran menghentikan pengayaan uranium hingga 20 persen dan menutup fasilitas nuklir Fordow dekat pusat kota Qom. Sebagai imbalannya, pemerintah Barat akan meringankan sanksi perdagangan emas, petrokimia, dan sanksi perbankan terhadap Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5705 seconds (0.1#10.140)