Ditemukan pecahan fragmen meteor seberat 1kg

Selasa, 26 Februari 2013 - 14:13 WIB
Ditemukan pecahan fragmen meteor seberat 1kg
Ditemukan pecahan fragmen meteor seberat 1kg
A A A
Sindonews.com - Para ilmuwan dari Universitas Ural, Rusia, yang terus mengumpulkan fragmen meteor, akhirnya berhasil menemukan sebuah fragmen meteor (benda luar angkasa) terbesar dengan berat mencapai 1 kg, Senin (25/2/2013).

Kepala Ekspedisi ilmuwan dari universitas Ural, Viktor Grokhovsky mengatakan, berdasarkan ekspedisi yang mereka lakukan sejak meteor tersebut jatuh, sebanyak 100 fragmen meteor telah ditemukan di sepanjang 50 km jalur lintasan meteor itu, sebelum akhirnya mendarat di danau Chebarkul di Chelyabinsk.

"Sebelum dilestarikan, meteor ini tidak perlu diasamkan," ungkap Grokhovsky, seperti dilansir RIA Novosti.

Grokhovsky menyakini, bahwa potongan meteorit terbesar mungkin ada di dasar danau Chebarkul, yang diameternya ditaksir bisa mencapai 60 cm. Para ilmuwan dan penyelam berjanji untuk meneliti danau Chebarkul dengan menggunakan segala peralatan yang membantu proses pencarian.

Para penggemar benda luar angkasa bisa membeli pecahan meteor secara on line, dengan harga yang dipasarkan mencapai beberapa ribu dolar. Salah satu penawaran paling mahal dijual di toko online di China, seharga 100 ribu yuan atau sekira Rp 155 juta. Sayangnya, belum ada metode sederhana yang dapat membuktikan keaslian fragmen meteor tersebut.

Seperti diketahui, pertengahan Februari lalu, sebuah meteor jatuh dan terbakar saat melewati lapisan bawah atmosfer, sesaat sebelum jatuh ke bumi. Sebelum mendarat, meteor itu menghancurkan semua benda yang dilalui dan melukai sekira 1.200 warga Rusia. Meteor yang jatuh di Rusia telah mengakibatkan kerusakan materil senilai USD33 juta.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5915 seconds (0.1#10.140)