Paus Benediktus akan mengundurkan diri

Senin, 11 Februari 2013 - 18:56 WIB
Paus Benediktus akan mengundurkan diri
Paus Benediktus akan mengundurkan diri
A A A
Sindonews.com - Paus Benediktus menyatakan pada Senin (11/2/2013), bahwa ia akan mengundurkan diri pada 28 Februari mendatang, karena tidak lagi memiliki kekuatan untuk memenuhi tugas dari kantornya.

Pemimpin Gereja Katolik itu mengatakan, ia menyadari bahwa kekuatannya telah memburuk selama beberapa bulan terakhir. "Sejauh yang saya miliki, saya harus mengakui ketidakmampuan saya untuk secara memadai memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters.

Paus Benediktus yang saat ini berusia 85 tahun, menjadi Paus pertama sejak abad pertengahan yang memutuskan untuk mengambil langkah mundur tersebut.

"Untuk alasan ini dan menyadari keseriusan masalah ini, dengan kebebasan penuh saya menyatakan bahwa saya meninggalkan pelayanan Uskup Roma, Penerus Santo Petrus," kata Paus, menurut sebuah pernyataan dari Vatikan.

Seorang juru bicara Vatikan mengatakan, Paus akan mundur dari posisinya pada 28 Februari, dan posisi Paus akan kosong sampai penggantinya terpilih.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5540 seconds (0.1#10.140)