Bocah 9 tahun melahirkan bayi perempuan

Kamis, 07 Februari 2013 - 14:11 WIB
Bocah 9 tahun melahirkan bayi perempuan
Bocah 9 tahun melahirkan bayi perempuan
A A A
Sindonews.com - Dafne, gadis berusia 9 tahun telah melahirkan seorang bayi perempuan dengan proses caesar pada 27 Januari lalu di Rumah Sakit Zoquipan, Meksiko. Kabar seputar kelahiran tersebut mulai menyita perhatian publik Meksiko.

Ayah dari bayi yang berbobot 2,7 kg itu, saat ini tengah diburu polisi. Namun, kemarin pihak keluarga datang dan membuat laporan bahwa ayah bayi itu ternyata adalah seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun kabur.

Juru Bicara Polisi Negara Bagian Jalisco, Lino Gonzalez mengatakan, bayi perempuan tersebut lahir pekan lalu di sebuah rumah sakit di Kota Guadalajara. "Kondisi ibu dan bayi tersebut dalam keadaan baik," kata Gonzalez.

"Sejak gadis itu melahirkan, ayah sang bayi yang tinggal satu lingkungan dengan mereka, tidak pernah terlihat lagi. Dafne mengaku, remaja tersebut adalah pacarnya. Jika remaja tersebut terbukti sebagai ayah biologis bayi tersebut, dia menghadapi tuntutan pelecehan seksual," terang Gonzales.

Sumber kantor ke kejaksaan Jalisco mengatakan, gadis tersebut melakukan hubungan seks konsensual dengan remaja tersebut dan keduanya nampak seperti pasangan. Namun, para pejabat menggambarkannya sebagai kasus perkosaan atau pelecehan terhadap anak. Sebab, pihak kelurga sempat meminta remaja pria tersebut bertanggung jawab saat Dafne sedangan hamil, tapi remaja itu menolak.

"Kami sedang mengejar remaja itu untuk mendengar ceritanya, karena Dafne tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Ini kasus pemerkosaan atau kekerasan seks anak," tutur Jorge Villasenor, pejabat kantor kejaksaan Jalisco, seperti dilansir globalpost, Rabu (6/2/2013).

Sementara itu, nenek sang bayi mengatakan, Dafne mulai hamil saat berusia 8 tahun. "Ayah bayi ini adalah seorang anak 17 tahun, tapi kami belum bertemu dengannya, karena dia kabur," ungkap Ibu Dafne.

Berdasarkan penyelidikan kepolisian, Dafne hidup dalam sebuah kelaurga besar di Ixtlahuacan de los Membrillos, sebuah desa sederhana sekitar 30 km dari Guadalajara. Rupanya, dia kurang medapat perhatian dari ibunya. Sebab, ibunya harus berbagai perhatian dengan 11 anaknya yang lainm sejak kedua orang tuanya berpisah.

Menurut catatan Departemen Kesehatan Meksiko, 480 ribu anak wanita di Meksiko melahirkan pada usia 14-18 tahun. "Ada kehamilan remaja, tapi kehamilan pada gadis berusia 10-12 tahun adalah sebuah pengecualian. Sebab, pada usia ini secara fisik mereka belum tumbuh matang dan memiliki resiko tinggi untuk melahirkan. Kehamilan pada usia ini disebabkan oleh pemerkosaan," kata Dokter Antonio Flores Villalon, spesialis reproduksi kesehatan Meksiko.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1685 seconds (0.1#10.140)
pixels