Israel dihimbau perkuat hubungan dengan al-Qaeda

Rabu, 06 Februari 2013 - 14:19 WIB
Israel dihimbau perkuat...
Israel dihimbau perkuat hubungan dengan al-Qaeda
A A A
Sindonews.com - Mayor Jenderal Amos Yadlin, Mantan Kepala Intelijen Militer Israel menyerukan pemerintah Israel agar menguatkan hubungan dengan kelompok militan Suriah yang berkaitan dengan al-Qaeda untuk menghadapi Iran.

"Israel harus memperkuat hubungan dengan pasukan Sunni di Suriah untuk menghadapi musuh besar, yaitu Iran," ungkap Yadlin dalam acara pembukaan pemikiran strategis tahun 2012-2013 yang diselenggarakan oleh Institut Studi Keamanan Nasional (INSS), seperti dilansir dalam Presstv, Rabu (6/2/2013).

Yadlin menekankan, bahwa Suriah merupakan komponen utama Iran di kawasan Timur Tengah. Sementara itu, aksi kekerasan destruktif di Suriah yang terjadi sejak 22 bulan yang lalu telah memberikan manfaat strategis tersendiri bagi Israel.

Menurut Eric Draister, pendiri stopimperialism.com, memposisikan Israel dan al-Qaeda dalam sisi mata uang yang sama. "Mereka menciptakan instabilitas dan memprovokasi aksi kekerasan di Suriah," kata Draister.

Selama hampir dua tahun perang saudara berlangsung di Suriah, baik pasukan Pemerintah maupun kelompok pemberontak sama-sama diduga telah melakukan kejahatan perang. Serangan yang dilakukan kedua belah pihak, banyak yang menewaskan warga sipil tak berdosa. Menurut PBB, hingga kini korban jiwa akibat perang saudara ini sudah menyentuh angka 60 ribu jiwa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0632 seconds (0.1#10.140)