Upacara kremasi Sihanouk dimulai

Senin, 04 Februari 2013 - 21:08 WIB
Upacara kremasi Sihanouk dimulai
Upacara kremasi Sihanouk dimulai
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kamboja memulai upacara kremasi mantan Raja Kamboja Norodom Sihanouk, Senin (4/2/2013) malam. Sebelumnya, jenazah Sihanouk telah disemayamkan di Istana Kerajaan selama tiga bulan.

Seperti dikutip dari Xinhua, upacara kremasi dilakukan di Veal Preah Meru Square, di samping Istana Kerajaan dalam sebuah upacara Buddha. Upacara berkabung itu dihadiri oleh para pemimpin Kamboja, termasuk Presiden Senat Chea Sim, Presiden Majelis Nasional Heng Samrin dan Perdana Menteri Hun Sen. serta keluarga kerajaan dan pejabat senior lainnya.

Selain itu, para pemimpin asing dan pejabat dari 16 negara turut menghadiri upacara. Di antaranya adalah Jia Qinglin (Ketua Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China), Perdana Menteri Perancis Jean-Marc Ayrault, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, Perdana Menteri Laos Thongsing Thammavong, Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay C., dan Pangeran Jepang Akishino.

Setelah semua pemimpin asing memberi penghormatan akhir dan meletakkan karangan bunga di dekat peti mati emas Sihanouk, 90 pendeta Budha melayangkan doa bersama. Kerumunan pelayat yang mengenakan kemeja putih dan pita hitam, saling menggenggam tangan dan tampak sedih saat upcara kremasi dilakukan.

Sihanouk yang memerintah selama hampir 60 tahun, secara suka rela melepaskan takhtanya pada 2004. Ia digantikan oleh puteranya, Raja Norodom Sihamoni. Sihanouk wafat pada 15 Oktober tahun lalu di China, setelah sebelumnya menderita kanker, diabetes, dan hipertensi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5996 seconds (0.1#10.140)