Krisis Suriah memasuki fase horor

Rabu, 30 Januari 2013 - 19:55 WIB
Krisis Suriah memasuki fase horor
Krisis Suriah memasuki fase horor
A A A
Sindonews.com - Utusan perdamian PBB dan Liga Arab Lakhdar Brahimi mengatakan, konflik Suriah menghadapi sebuah tahapan "horor" yang berlum pernah terjadi sebelumnya.

"Saya minta maaf jika ucapan saya terdenngar seperti sebuah kaset usang yang rusak. Suriah telah mematahkan semua harapan di depan mata. Tragedi yang terjadi di sana tidak berujung," ungkap Brahimi usai mengadakan pertemuan dengan anggota Dewan Keamanan PBB di New York, Selasa (29/1/2013).

Dalam pertemuan tersebut Brahimi mengatakan bahwa dia sangat prihatin akan dampak konflik yang dihadapi oleh semua pihak di Suriah. "Mungkin akan ada implikasi jika krisis ini terus berlanjut. Besarnya jumlah arus pengungsi Suriah akan menjadi sebuah kontroversi bagi negara ini," kata Brahimi seperti dilansir Presstv.

Brahimi mengatakan tidak ada satupun negara tentangga Suriah yang kebal terhadapi konflik. Semua negara yang ada di kawasan ini berpotensi terkontaminasi konflik.

Selama hampir dua tahun perang saudara berlangsung di Suriah, baik pasukan Pemerintah maupun kelompok pemberontak sama-sama diduga telah melakukan kejahatan perang. Serangan yang dilakukan kedua belah pihak, banyak yang menewaskan warga sipil tak berdosa.

Menurut PBB, hingga kini korban jiwa akibat perang saudara ini sudah menyentuh angka 60 ribu jiwa. Selain itu, ratusan ribu warga Suriah juga dilaporkan telah mengungsi ke sejumlah negara tetangga guna mencari perlindungan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3401 seconds (0.1#10.140)