PM Kamboja tekankan keamanan publik selama kremasi Sihanouk

Selasa, 29 Januari 2013 - 21:46 WIB
PM Kamboja tekankan keamanan publik selama kremasi Sihanouk
PM Kamboja tekankan keamanan publik selama kremasi Sihanouk
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menyerukan pada warga negara itu yang akan berpastisipasi dalam upacara kremasi mantan Raja Kamboja Norodom Sihanouk untuk menaruh perhatian lebih pada sektor keamanan dan ketertiban umum.

Pernyataan ini dikeluarkan Hun Sen pada Selasa (29/1/2013). Menurut rencana, Sihanouk yang wafat pada 15 Oktober tahun lalu, akan dikremasi pada awal Februari mendatang. Saat ini, jenazah raja yang berkuasa selama 60 tahun lebih itu disemayamkan di Istana Kerajaan di Kota Phnom Penh.

Jenazah Sihanouk akan dipindahkan dari istana ke krematorium di Veal Preah Meru Square, di samping istana pada 1 Februari. Jenazah akan ditempatkan selama tiga hari di lokasi ini, sebelum dikremasi pada 4 Februari. Diperkirakan, sekitar 1,5 juta orang akan menghadiri upacara kremasi Sihanouk ini.

"Empat hari lagi, upacara akan dimulai. Saya ingin menyerukan kepada seluruh peserta yang akan datang untuk memberi perhatian yang tinggi terhadap keamanan dan ketertiban umum dalam rangka untuk memastikan proses sukses pemakaman," kata Hun Sen.

Menurutnya, Pemerintah Kamboja akan mengerahkan hingga 10 ribu pasukan keamanan untuk mengawal jalannya upacara. Hun Sen mengatakan, bahwa rakyat di berbagai provinsi dan daerah pedesaan dapat berkumpul di pagoda atau menonton siaran langsung melalui semua saluran televisi lokal.

Sejumlah pemimpin negara sahabat juga dijadwalkan menghadiri upacara ini. Di antaranya adalah Jia Qinglin (Ketua Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China), Jean-Marc Ayrault (Perdana Menteri Perancis), Nguyen Tan Dung (Perdana Menteri Vietnam), Yingluck Shinawatra (Perdana Menteri Thailand), Thongsing Thammavong (Perdana Menteri Laos), dan beberapa pemimpin lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5023 seconds (0.1#10.140)