Turki dituduh terlibat pembunuhan 3 aktivis Kurdi di Paris

Rabu, 23 Januari 2013 - 21:41 WIB
Turki dituduh terlibat pembunuhan 3 aktivis Kurdi di Paris
Turki dituduh terlibat pembunuhan 3 aktivis Kurdi di Paris
A A A
Sindonews.com - Seorang komandan militan Kurdi, Murat Karayilan, membantah bahwa pihaknya terlibat dalam pembunuhan tiga aktivis perempuan Kurdi di Paris, Perancis beberapa waktu lalu. Karayilan balik menuduh, bahwa Turki punya peran dalam aksi pembunuhan itu.

Menurutnya, Pemerintah Turki tengah melakukan perang psikologis, dibanding upaya tulus untuk mengakhiri konflik. "Kami tidak ragu, bahwa Turki terlibat dalam urusan (pembunuhan) ini,” tegas Karaliyan, Rabu (23/1/2013), seperti dikutip dari kantor berita Reuters.

Pembunuhan ini terjadi, sesaat setelah Pemerintah Turki memutuskan untuk melakukan pembicaraan damai dengan Pimpinan Partai Pekerja Kurdi (PKK), Abdullah Ocalan yang mendekam di dalam penjara. Pembicaraan dilakukan untuk mengakhiri konflik 28 tahun di daerah otonomi Kurdi.

Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan telah menyatakan, bahwa motif pembunuhan kemungkinan adalah perseteruan internal di PKK. Omer Guney, sopir dari salah satu wanita tewas, berada dalam penyelidikan pihak berwenang Perancis. Guney yang mengaku telah menjadi anggota PKK selama dua tahun terakhir, membantah tuduhan terlibat dalam pembunuhan tersebut.

Pengakuan Guney ini didukung oleh Karayilan. "Orang ini jelas tidak memiliki hubungan dengan PKK dan kepemimpinan PKK," kata Karayilan di markasnya, di Irak Utara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5482 seconds (0.1#10.140)