Rusia desak Iran soal perundingan nuklir

Rabu, 23 Januari 2013 - 20:14 WIB
Rusia desak Iran soal perundingan nuklir
Rusia desak Iran soal perundingan nuklir
A A A
Sindonews.com - Rusia mendesak Iran untuk mempercepat jawaban kepada badan pengawas nuklir PBB (IAEA) soal kecurigaan dunia internasional atas program nuklir Iran yang dituding digunakan untuk pengembangan senjata atom.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan, kekuatan dunia memiliki pertanyaan tentang apa yang mungkin atau telah dilakukan Iran terhadap program nuklir mereka.

"Iran telah menegaskan keinginannya untuk sepenuhnya setuju soal dokumen ini (pada penjelasan atas kecurigaan). Kami berpikir, bahwa rekan-rekan kami di Iran bisa melakukan hal ini sedikit lebih cepat," kata Lavrov kepada wartawan, Rabu (23/1/2013).

Pernyataan Lavrov ini muncul setelah Teheran mengusulkan Kairo, Mesir sebagai tempat untuk pertemuan dengan anggota Dewan Keamanan PBB yang disebut P5+1. Anggota P5+1 adalah China, Perancis, Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan Jerman.

Sebelumnya, seorang pejabat Rusia mengatakan, bahwa Moskow mengharapkan babak berikut perundingan nuklir Iran dengan P5+1 akan dilangsungkan di Istanbul, Turki pada akhir Februari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6407 seconds (0.1#10.140)