Rudal Patriot Jerman tiba di Turki

Senin, 21 Januari 2013 - 21:19 WIB
Rudal Patriot Jerman tiba di Turki
Rudal Patriot Jerman tiba di Turki
A A A
Sindonews.com – Setelah menempuh perjalanan laut, akhirnya sistem pertahanan rudal Patriot milik Jerman tiba di sebuah pelabuhan di selatan Turki, Senin (21/1/2013). “Jerman mulai membongkar rudal di Pelabuhan Iskenderun, di Provinsi Hatay pada pukul 7 pagi,” sebut laporan stasiun televisi NTV.

Masih menurut laporan itu, selanjutnya sistem pertahanan rudal Patriot itu akan dibawa ke sebelah selatan Provinsi Kahramanmaras melalui jalur darat. Satu hari sebelumnya, ratusan tentara Jerman yang akan mengoperasikan rudal Patriot tersebut sudah lebih dulu tiba di Turki.

“Hampir 240 tentara Jerman tiba di Pangkalan Udara Incirlik, di Adana dan akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Kahramanmaras, lokasi di mana rudal Patriot Jerman akan ditempatkan,” sebut laporan kantor berita Anatolia.

Kedatangan dua sistem rudal Patriot dan ratusan tentara Jerman ini adalah atas permintaan Turki, yang mengajukan permohonan penempatan rudal Patriot di sepanjang perbatasan negara itu yang bersebelahan dengan Suriah. Turki khawatir, artileri dari perang saudara di Suriah masuk ke wilayah Turki.

Selain Jerman, dua negara anggota NATO lainnya, Amerika Serikat dan Belanda juga mengirimkan masing-masing dua sistem pertahanan rudal Patriot dan ratusan tentara untuk mengoperasikan rudal tersebut. Kehadiran rudal NATO di kawasan ini telah memicu protes sejumlah negara di kawasan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3387 seconds (0.1#10.140)