Muslim Thailand minta penundaan deportasi pengungsi Rohingya

Jum'at, 18 Januari 2013 - 21:06 WIB
Muslim Thailand minta penundaan deportasi pengungsi Rohingya
Muslim Thailand minta penundaan deportasi pengungsi Rohingya
A A A
Sindonews.com - Kaum muslim Thailnd yang tergabung dalam Komite Pusat Islam Thailand (CICT) menyerukan pemerintah Thailand untuk menghentikan rencana deportasi 800 pengngusi Rohingya yang masuk secara ilegal ke wilayah Selatan Thailand, Kamis (17/1/2013). Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh CICT di sela-sela kunjungan dua pejabat Provinsi Songkhla ke lokasi pengungsian.

"Pemerintah Thailand harus memberikan perlindungan sementara kepada para pengungsi Rohingya, sampai mereka menemukan negara ketiga, dari pada mendeportasi mereka kembali ke negara asal mereka, Myanmar," ungkap pernyataan CICT, seperti diberitakan dalam Thai News Agency.

CICT juga mengusulkan agar sejumlah masjid yang berada di Provinsi Songkhla dijadikan sebagai tempat penampungan, sampai mereka selesai mendirikan tempat penampungan sementara.

Kedatangan Gubernur Provinsi Songkhla, Krisda Bunrat dan Tawee Sodsong, Sekretaris Jenderal Petugas Administrasi wilayah perbatasan Provinsi Songkhla ke lokasi pengungsi tersebut dilakukan untuk meninjau langsung pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh tim medis Thailand.

"Kelompok pertama pengungsi Rohingya masuk secara ilegal ke Thailand melalui wilayah selatan. Menanggapi situasi ini, Departemen Luar Negeri dan Departemen Keamanan Thailand tidak akan tinggal diam. Kedua instasi tersebut akan mencari solusi jangka panjang bagi para pengungsi tersebut," ungkap Sodsong.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4777 seconds (0.1#10.140)