Ahmadinejad berharap konflik Suriah segera berakhir

Rabu, 16 Januari 2013 - 19:28 WIB
Ahmadinejad berharap konflik Suriah segera berakhir
Ahmadinejad berharap konflik Suriah segera berakhir
A A A
Sindonews.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berharap konflik yang terjadi di Suriah segera berakhir sehingga perdamaian dan keamanan di Suriah dapat segara dipulihkan. Harapan tersebut disampaikan oleh Ahmadinejad saat menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Suriah Wael al-Halaqi di Iran, Selasa (15/1/2013).

Al-Halqi tiba di Ibu Kota Teheran untuk bertukar pandangan dengan para pejabat Iran mengenai masalah-masalah kepentingan bersama serta isu-isu regional dan internasional.

"Tidak diragukan lagi, rakyat Suriah akan keluar dari situasi sulit saat ini," ungkap Ahmadinejad seperti diberitakan dalam Xinhua.

Ahmadinejad mengungkapkan bahwa solusi terbaik untuk menghentikan konflik adalah segera menggelar pemilihan umum yang bebas di Suriah.

Sementara itu, al-Halqi mengatakan Suriah telah diliputi sejumlah kegagalan pasalnya musuh bangsa Suriah telah menghancurkan infrastruktur di negara ini. Tidak hanya itu, negara barat juga memojokan Suriah dengan menjatuhkan sanksi ekonomi. Tetapi orang Suriah tidak akan gentar, kami akan berdiri menentang mereka.

Kedua belah pihak sepakat mengutuk rencana intervensi negara barat untuk menyelesaikan konflik yang sudah berlangsung selama 22 bulan di Suriah.

Dalam kesempatan tersebut Ahmadinejad juga menyerukan peningkatan hubungan di berbagai bidang pada pemerintah Suriah. "Iran dan Suriah harus menggunakan potensi ekonomi mereka untuk kepentingan rakyat," ungkap Ahmadinejad.

Peningkatan hubungan ini tidak hanya akan menguntungkan rakyat Iran maupun Suriah tetapi juga akan mendatangkan keuntungan bagi sejumlah negara di kawasan Timur Tengah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7483 seconds (0.1#10.140)