Feri tabrak dermaga saat berlabuh, 60 penumpang terluka

Kamis, 10 Januari 2013 - 16:28 WIB
Feri tabrak dermaga saat berlabuh, 60 penumpang terluka
Feri tabrak dermaga saat berlabuh, 60 penumpang terluka
A A A
Sindonews.com - Sekitar 60 penumpang menderita luka-luka setelah kapal feri cepat yang mengangkut ratusan penumpang, menabrak dermaga Wall Street, New York, Amerika Serikat (AS), Rabu (9/1/2012). Feri Seastreak Wall Street, yang mengangkut 326 penumpang dan lima awak tersebut berlayar dari New Jersey menuju New York.

Charles Rowe, Juru Bicara Penjaga Pantai mengatakan, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 9 pagi, tepatnya di bagian timur sungai di bawah Manhattan, tak jauh dari Wall Street. Saat kecelakaan terjadi, sebagain besar penumpang sedang berdiri. Mereka tengah bersiap naik ke dermaga, karena kapal bersiap untuk merapat.

Sebagian besar dari mereka akhirnya terpental, sementara itu bagian lambung kapal rusak berat. Beberapa saat setelah kejadian, sejumlah Polisi dan petugas pemadam kebakaran langsung mengevakuasi semua penumpang dari dalam kapal. Mereka yang terluka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Berdasarkan data terbaru. Sekitar 58 penumpang mengalami luka-luka, dua di antara mereka dalam kondisi kritis karena mengalami cedera otak. Sembilan orang menderita luka serius dan 17 orang menjalani rawat jalan," ungkap Rowe.

Penyebab kecelakaan itu belum dapat dipastikan. Pasalnya, kondisi cuaca saat kecelakaan terjadi sangat baik dan hampir tidak ada angin. Guna mencari tahu penyebab pasti kecelakaan, saat ini 12 anggota Badan Keselamatan Transportasi AS tengah berada di lokasi untuk mencari data-data pendukung.

Dalam sebuah konfrensi pers singkat, Komisaris transportasi kota, Janette Sadik Khan mengatakan, feri yang gagal berlabuh secara tepat di dermaga tersebut bergerak dengan kecepatan 10 sampai 12 knot. "Sebuah pendaratan yang cukup keras," ungkap Khan

"Kami tidak tahu apa yang terjadi. Kapal ini berlabuh dengan sangat cepat dan langsung menabrak dermaga. Bahkan, para awak tidak sempat membuat pengumuman sebelum berlabuh," ungkap Sean Boyleh salah satu penumpang Seastreak Wall Street seperti diberitakan dalam the Star.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6970 seconds (0.1#10.140)
pixels