ASEAN lakukan pergantian Sekjen

Rabu, 09 Januari 2013 - 22:57 WIB
ASEAN lakukan pergantian Sekjen
ASEAN lakukan pergantian Sekjen
A A A
Sindonews.com - Jabatan Sekretaris Jenderal ASEAN kini dijabat oleh Le Luong Minh yang berasal dari Vietnam. Sebelumnya, jabatan tersebut dipegang oleh diplomat senior Thailand, Surin Pitsuwan.

Surin mengakiri masa jabatannya setelah ia mengemban tugasnya sebagai Sekjen ASEAN selama lima tahun. Ia pun menyatakan telah banyak perubahan yang dilakukan oleh Sekretariat ASEAN selama berada dalam kepemimpinannya.

"Selama kepemimpinan saya, Sekretariat ASEAN telah berkembang menjadi institusi yang lebih efektif dan terorganisir," ujar Surin dalam acara inagurasi pengangkatan Le Luong Minh di markas Sekretariat ASEAN, Jakarta, Rabu (9/1/2013).

"Sekretariat ASEAN memiliki posisi yang penting sebagai satu-satunya institusi yang merepresentasi identitas ASEAN," tambah pria yang berasal dari Thailand itu.

Surin juga berterima kasih atas segala bantuan yang diberikan oleh Indonesia selama ia menjalankan jabatannya. Ia mengatakan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa seringkali mengajak tamunya berkunjung ke markas Sekretariat ASEAN.

"Menjadi pentingnya posisi ASEAN tidak lepas dari peran Menlu Indonesia, Marty Natalagewa. Ia seringkali mengajak tamu-tamu penting untuk berkunjung ke sekretariat ASEAN," imbuhnya.

Surin pun berharap ASEAN dapat tetap mempertahankan posisi sentralnya di kawasan Asia Pasifik. " ASEAN berada di pusatnya dunia, banyak negara besar yang berusaha meningkatkan pengaruhnya di sini. Kita harus dapat memanfaatkan hal itu untuk memelihara posisi sentral kita di kawasan," jelasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4478 seconds (0.1#10.140)