Siswa SD Sandy Hook mulai bersekolah di gedung baru

Jum'at, 04 Januari 2013 - 14:08 WIB
Siswa SD Sandy Hook mulai bersekolah di gedung baru
Siswa SD Sandy Hook mulai bersekolah di gedung baru
A A A
Sindonews.com - Ratusan anak yang lolos dari serangan maut di sekolah mereka, SD Sandy Hook, di Newtown, Connecticut,Amerika Serikat (AS), tiga pekan lalu, kemarin kembali masuk kelas untuk kali pertama setelah seorang pria sakit mental membunuh 20 teman mereka dan 6 enam staf sekolah.

Anak-anak itu tidak kembali ke gedung SD mereka yang meninggalkan duka dan trauma itu. Kini, mereka menempati gedung bekas SMA Chalk Hill di Monroe yang sudah direnovasi tim yang terdiri atas 80 orang dan dinamai SD Sandy Hook. Anggota tim yang kebanyakan adalah relawan merenovasi gedung itu dengan cat baru. Tapi, furnitur sekolah tetap menggunakan furnitur lama yang dibawa dari SD.

Meja siswa, ransel, dan barang-barang lain yang ditinggalkan saat penembakan terjadi dibawa ke sekolah baru untuk membuat mereka merasa di rumah. Mereka bahkan meninggikan lantai kamar mandi sehingga para siswa SD yang lebih kecil dapat mencapai toilet.

Para siswa akan disambut ke sebuah bangunan yang dihias meriah dengan bantuan ribuan anak dari seluruh dunia yang disebut sebagai Winter Wonderland. “Ini tidak tampak seperti SD lainnya,” ujar Pengawas Sekolah Newtown Janet Robinson seperti dikutip Reuters.

Dengan gedung baru, diharapkan semangat belajar anak-anak itu tumbuh kembali dan ketika kelas dimulai,Robinson mengatakan,guru akan mencoba untuk membuat hari itu seperti hari sekolah biasa untuk anak-anak.

“(Kami ingin) memiliki sebanyak (mungkin) rutinitas normal, jadwal teratur,dan kami akan melakukan hal-hal yang kami tahu yang baik untuk anakanak,” papar dia, seperti dikutip CNN. “Kami ingin kembali untuk mengajar dan belajar. Kami jelas akan membutuhkan waktu untuk akademisi, untuk setiap percakapan yang perlu dilakukan, dan akan ada banyak dukungan di sana. Kami ingin anak-anak untuk berhubungan kembali dengan teman-teman dan guru kelas, dan saya pikir itu akan menjadi hal yang sehat.”

Menurut Daily Mail, untuk menyemangati para siswa, beberapa tanda menyambut siswa SD Sandy Hook ke sekolah baru mereka juga ikut dipasang di sepanjang jalan menuju sekolah di lingkungan,yang sebagian besar perumahan.

Kepala Sekolah Donna Page, yang menggantikan kepala sekolah sebelumnya Dawn Hochsprung yang tewas dalam tragedi 14 Desember itu, menulis kepada orang tua murid bahwa saat ini SD Sandy Hook telah berada dalam kondisi aman dan sepenuhnya beroperasi.

Orang tua akan diizinkan untuk tinggal di sekolah selama jam belajar pada Kamis untuk meyakinkan kondisi anak-anak mereka. “Kami mendorong siswa untuk naik bus ke sekolah untuk membantu mereka kembali ke rutinitas familiar sesegera mungkin,” tulisnya.

Page menulis di website sekolah,“Yakinlah bahwa kota-kota Monroe dan Newtown bekerja siang dan malam untuk memastikan fasilitas tersebut aman,aman, dan sepenuhnya beroperasi untuk kedatangan kami kembali.”

Letnan Keith White dari Departemen Kepolisian Monroe mengatakan,langkah keamanan ekstra dilakukan di sekolah baru, seperti menghentikan setiap kendaraan yang memasuki halaman sekolah. “Saya kira sekolah ini telah menjadi sekolah teraman di Amerika,” katanya.

14 Desember 2012 merupakan hari kelam bagi para siswa dan pengajar di SD Sandy Hook.Di hari itu,Adam Lanza,20,datang dan memuntahkan seluruh amunisi yang dia bawa. Dia membunuh 20 siswa dan enam staf sekolah setelah membunuh ibunya di rumah. Lanza kemudian bunuh diri. Sejak itu, SD Sandy Hook langsung ditutup dan baru dibuka kemarin, saat masuk sekolah tiba.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6342 seconds (0.1#10.140)