Operasi militer gabungan tewaskan komandan Taliban Afghanistan

Kamis, 22 November 2012 - 07:30 WIB
Operasi militer gabungan tewaskan komandan Taliban Afghanistan
Operasi militer gabungan tewaskan komandan Taliban Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Seorang pemimpin lokal Taliban, Saifullah, tewas dalam operasi gabungan yang dilakukan oleh pasukan Afghanistan dan pasukan NATO di Provinsi Ghazni, sebelah Timur Afghanistan, Rabu (21/11/2012).

"Pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi berhasil menewaskan pemimpin Taliban, Saifullah selama operasi keamanan di Provinsi Ghazni," kata pernyataan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF).

Saifullah yang juga dikenal dengan nama Allah Dad, dianggap ISAF bertanggungjawab atas sejumlah serangan yang dilakukan Taliban. “Ia juga yang memerintahkan pejuang Taliban untuk mengumpulkan data intelijen, melakukan serangan mendadak, dan merancang serangan bom rakitan,” lanjut pernyataan ISAF itu.

Secara terpisah, polisi Afghanistan yang didukung ISAF berhasil menewaskan 7 pejuang Taliban dan menahan 11 lainnya dalam sebuah operasi yang berlangsung selama 24 jam. Hingga kini, belum ada pernyataan dari Taliban soal dua serangan ini.

Akhir-akhir ini, pasukan lokal Afghanistan dan sekitar 100 ribu pasukan ISAF telah mengintensifkan operasi pembersihan melawan Taliban dan kaum militan lainnya. Sebagai balasan, kaum militan meresponnya dengan melakukan serangan bunuh diri dan ledakan bom rakitan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2999 seconds (0.1#10.140)