Pakistan bebaskan 9 pemimpin Taliban

Minggu, 18 November 2012 - 15:21 WIB
Pakistan bebaskan 9 pemimpin Taliban
Pakistan bebaskan 9 pemimpin Taliban
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Pakistan telah membebaskan 9 pemimpin terkemuka kelompok radikal Islam, Taliban. Pembebasan ini dilakukan atas permintaan pemerintah Afghanistan dan Dewan Tinggi Perdamaian Afghanistan, demikian diberitakan kantor berita Pajhwok, Sabtu (17/11/2012).

Ketua Dewan Tinggi Perdamaian Afhganistan, Salahuddin Rabbani, yang berada di Ibu Kota Pakistan, Islamabad, pada pertengahan pekan ini mengatakan, pembebasan tersebut dapat memainkan peran penting dalam pembicaraan dengan kelompok bersenjata menuju rekonsiliasi nasional di Afghanistan.

"Kami telah menerima janji dari pemerintah Pakistan, bahwa dalam waktu dekat, tiga pemimpin Taliban akan dibebaskan," katanya. Sumber media di Pakistan menyebut, putra dari Yunus Khalis adalah salah satu yang dibebaskan. Khalis adalah komandan Afghanistan yang terkenal saat negara itu berperang melawan Uni Soviet di era 80-an.

Tahanan lain yang dibebaskan adalah Mullah Baradar, orang nomor dua dalam hirarki Taliban setelah pemimpin Taliban, Mullah Omar.

“Para tahanan yang dibebaskan ini tak akan diserahkan ke Pemerintah Afghanistan. Kami akan menjamin keamanan mereka dan mereka bisa pergi ke mana saja atau hidup bersama dengan keluarga mereka,” jelas Rabbani.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5685 seconds (0.1#10.140)