Episode II kepemimpinan Obama, kerja sama RI-AS diharapkan optimal

Rabu, 07 November 2012 - 17:14 WIB
Episode II kepemimpinan Obama, kerja sama RI-AS diharapkan optimal
Episode II kepemimpinan Obama, kerja sama RI-AS diharapkan optimal
A A A
Sindonews.com - Terpilihnya kembali Barack Obama yang memenangkan electoral vote pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), memberikan peluang bagi Indonesia untuk melebarkan kerja sama antar kedua negara.

Hal itu dikatakan pengamat politik internasional Universitas Paramadina, Dinna Wisnu. Menurutnya, terpilihnya Obama untuk periode kedua ini, akan jadi peluang baik untuk merealisasikan kerangka kemitraan komprehensif AS-Indonesia secara optimal.

"Sehingga bisa menata skema kerjasa sama yang saling menguntungkan di kawasan Asia Pasifik, dengan gaya dan pendekatan AS yang sudah lebih familiar bagi kita," kata Dinna, kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Rabu (7/11/2012).

Dinna menegaskan, dengan kemenangan Obama ini, berarti masyarakat AS percaya, bahwa perbaikan ekonomi di negara itu juga perlu dibangun dengan cara menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain.

"Jadi, Indonesia tidak punya alasan untuk tidak asertif dalam menghadapi AS. Desak perluasan transfer pengetahuan dan tekno, pengembangan renewable energy, kerjasama perdagangan, dan investasi yang mengembangkan industrialisasi di Indonesia," tandasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4804 seconds (0.1#10.140)