Demokrat: Obama menang, Indonesia gembira

Rabu, 07 November 2012 - 15:03 WIB
Demokrat: Obama menang, Indonesia gembira
Demokrat: Obama menang, Indonesia gembira
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR, Ramadhan Pohan, mengucapkan selamat kepada Barack Obama yang memenangkan electoral college Pilpres Amerika Serikat.

Menurut Pohan, dengan terpilihnya kembali Obama, akan membawa kegembiraan bagi masyarakat Indonesia. Karena bagaimana pun juga, Obama memiliki ikatan emosional dengan bangsa Indonesia.

"Poin saya adalah, jelas bahwa pemerintahan Obama sangat mengapresiasi posisi Indonesia dalam kerja sama yang erat menyelesaikan permasalahan global. Selain pernah bersekolah di Jakarta, Obama banyak mengetahui ragam budaya Indonesia," kata Pohan, lewat rilisnya kepada Sindonews, Rabu (7/11/2012).

Pohan mengakui, pada kepimpinan Obama di periode pertama, hubungan Indonesia-Amerika menjadi lebih erat dan riil. Kerja sama komprehensif yang dicanangkan kedua negara pada administrasi kepemerintahan Obama, adalah bukti konkret semakin eratnya hubungan kedua negara.

"Pada level ini, kerja sama telah terwujudkan. Bukan hanya bilateral formal, tetapi telah merambah antar departemen kedua negara," ungkapnya.

Sekretaris Jenderal DPP PD ini mengungkapkan, beberapa terobosan telah dilakukan antara kedua negara. Seperti di bidang pendidikan yang menjadi concern Obama.

"Meningkatnya jumlah beasiswa bagi pelajar Indonesia, pembukaan kelas jauh antar universitas dan menjamurnya short course bagi pelajar, mahasiswa, atau pun kemitraan antarintansi. Kerja sama ini patut dipertahankan, dan ditingkatkan, pada kepemerintahan periode II Obama mendatang," tandasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5417 seconds (0.1#10.140)