Taliban boleh ikut dalam Pilpres Afghanistan 2014

Kamis, 01 November 2012 - 18:26 WIB
Taliban boleh ikut dalam Pilpres Afghanistan 2014
Taliban boleh ikut dalam Pilpres Afghanistan 2014
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Pakistan menyatakan, para pemimpin Pemberontak Taliban bisa ambil bagian dalam Pemilihan Presiden Afghanistan, April 2014 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Independen (IEC) Pakistan, Fazil Ahmad Manawi, menegaskan kalau pihaknya tidak akan memihak dalam pemilu 2014 mendatang.

"Kami bahkan bersiap-siapa membuka peluang bagi oposisi bersenjata, baik itu kelompok Taliban atau Hezb-i-Islami, untuk berpartisipasi dalam pemilu. Baik sebagai pemilih, maupun kandidat," ungkap Manawi seperti dibertakan Geo Tv, Rabu (31/11/2012).

Hezb-i-Islami merupakan faksi mantan Perdana Menteri Gulbuddin Hekmatyar yang melancarkan pemberontakan bersama dengan Taliban melawan Pemerintahan Presiden Hamid Karzai.

Berdasarkan sistem pemilu yang berlaku di Afghanistan, para kandidat Presiden akan maju sebagai calon independen dan bukan sebagai perwakilan sebuah partai.

Setiap individu yang berniat mencalonkan diri harus mendaftarkan diri ke IEC pada 6 Oktober 2013 mendatang. IEC akan menyerahkan daftar nominasi satu bulan berikutnya, tepatnya pada 16 November 2013.

Pada pemilu 2014 mendatang, Karzai tidak boleh kembali mencalonkan diri. Pasalnya, konstitusi yang berlaku hanya mengizinkan pemimpin berkuasa selama dua kali periode masa jabatan.

Tapi hingga kini, belum ada kandidat kuat yang bakal menggantikan posisi Karzai. Pemilu Presiden Afghanistan mendatang sangat penting untuk menciptakan stabilitas di Afghanistan pasca penarikan mundur pasukan NATO.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5632 seconds (0.1#10.140)