Rezim Assad Tolak Gencatan Senjata

Rabu, 17 Oktober 2012 - 20:43 WIB
Rezim Assad Tolak Gencatan Senjata
Rezim Assad Tolak Gencatan Senjata
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Suriah mengatakan, gencatan senjata pada Hari Raya Idul Adha tidak akan tercapai. Hal ini disebabkan tidak adanya pemimpin dari pihak oposisi pemerintah.

Penegasan dari rezim Presiden Bashar al-Assad ini diutarakan kepada utusan perdamaian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Lakhdar Brahimi. Sebelumnya Brahimi meminta bantuan Iran untuk membantu melakukan mediasi mengenai gencatan menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pekan depan.

"Ada negara yang diwakili oleh pemerintah dan pihak militer di salah satu fron. Tetapi siapa yang (memimpin) front lainnya (oposisi)?," pernyataan media Suriah Al-Thawra yang menjadi corong pemerintah, seperti dikutip Reuters, Rabu (17/10/2012).

Hingga saat ini, upaya dunia untuk menghentikan perang saudara termasuk untuk mendamaikan kedua pihak yang bertikai, terus berakhir dengan kebuntuan. Baik pihak oposisi Free Syrian Army (FSA) dan pasukan pemerintah, tidak pernah mematuhi perjanjian gencatan senjata yang telah disepakati sebelumnya.

Rencananya, Brahimi yang merupakan utusan dari PBB dan Liga Arab, tiba di Beirut, Lebanon hari ini, guna membicarakan pemecahan krisis di Suriah. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah Jihad Makdessi mengatakan, pihaknya masih menunggu kedatangan Bahrimi ke Ibu Kota Suriah, Damaskus guna melakukan pembicaraan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4777 seconds (0.1#10.140)