Perwira senior Yaman tewas dibunuh

Senin, 18 Juni 2012 - 20:15 WIB
Perwira senior Yaman tewas dibunuh
Perwira senior Yaman tewas dibunuh
A A A
Sindonews.com – Mayor Jenderal Salem Ali Qatan, Komandan Wilayah Militer Yaman Selatan yang memimpin pasukan melawan kelompok militan Alqaeda dilaporkan tewas akibat serangan bom bunuh diri di pelabuhan Aden, Yaman bagian selatan.

Ada dua cerita yang berkembang seputar kematian Qatan. Pertama, menurut kesaksian saksi mata ledakan terjadi saat sang jenderal dalam perjalanan menuju kantor, seorang menyerahkan sebuah kertas dan tiba-tiba meledak.

Sedangkan menurut kesaksian laporan pejabat militer, serangan terjadi saat sang jenderal berada dalam iring-iringan konvoi militer. Dalam serangan ini, selain jenderal ada empat orang tentara yang terluka.

Qatan ditugaskan untuk menumpas keberadaan kelompok militan di Yaman Selatan sejak Presiden baru Abdrabbuh Mansour Hadi terpilih pada Maret lalu. Rekan militernya, Komandan senior, Ali Mansur menggambarkan kematian Qatan sebagai sebuah kehilangan besar bagi Yaman.

Qatan merupakan komandan militer senior dan pembantu terdekat presiden. Ia juga telah mendapatkan penghargaan dan dedikasinya atas upayanya untuk melawan pemberontakan.

"Hanya dalam kurun waktu tiga bulan Qatan mencapai kemajuan besar memburu dan melenyapkan keberadaan kelompok miitan di negeri ini," ungkap Mansur seperti diberitakan dalam BBC.co.uk, Senin (18/6/2012).

"Hanya dalam waktu tiga bulan militer Yaman berhasil merebut kembali kota Shuqra, Zinjibar dan Jaar," ungkap Mansur.

Semenjak wilayah kependudukan militan di bagian selatan ditekan, tentara Yaman terus melakukan tekanan. Namun kelompok militan masih terus melakukan penyerangan dan melakukan perlawanan atas serangan tentara Yaman.

Operasi ini dilakukan oleh militer Yaman karena Presiden Yaman berjanji akan menumpaskan keberadaan kelompok militan guna menciptakan perdamian dan keamanan bagi Yaman.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5051 seconds (0.1#10.140)