Rakyat Iran tak akan menderita karena embargo Amerika

Jum'at, 15 Juni 2012 - 15:10 WIB
Rakyat Iran tak akan menderita karena embargo Amerika
Rakyat Iran tak akan menderita karena embargo Amerika
A A A
Sindonews.com – Menteri Perminyakan Iran Rostam Qasemi mengatakan, sanksi internasional bagi Iran tidak akan membuat warga Iran menderita. Sebaliknya, Qasemi mengingatkan negara-negara Uni Eropa bahwa sanksi itu akan merugikan rakyat mereka.

"Jauh hari sebelum sanksi ini dijatuhkan, Iran telah memperingatkan bahwa embargo akan semakin membuat rakyat Eropa tertekan," ungkap Qasemi seperti diberitakan dalam Prestv, Jumat (15/6/2012)

"Kami telah berulang-ulang memperingatkan bahwa embargo akan berdampak negatif pada persedian minyak di pasar internasional dan menegangkan situasi pasar. Selain itu juga akan berdampak buruk pada negara yang mmberikan sanksi," sambung Qasemi.

Qasemi menambahkan, sanksi kedua ini juga akan memicu fluktuasi pasar minyak dan merusak perekonomian global.

Sebelumnya, pada 2011, Amerika Serikat dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi terhadap Iran karena tidak mau menurut menghentikan pengayaan uranium, di reaktor nuklirnya. Negera-negara Barat mencurigai program nuklir Iran untuk dijadikan senjata pembunuh massal.

Namun, tudingan itu tidak pernah terbukti. Iran merupakan negara yang menandatangani perjanjian nuklir non-polferasi. Sebagai anggota International Atomic Energy Agency (IAEA), Iran memiliki hak untuk mengembangkan dan memperoleh teknologi nuklir untuk tujuan damai.

Pendapat Iran telah terbukti kebenarannya, bahwa dalam beberapa kali inspeksi IAEA tidak pernah menemukan penyelewengan dalam program energi nuklir negara itu ke arah tujuan militer. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5359 seconds (0.1#10.140)