PR bahasa Inggris Napoleon terjual Rp3,9 miliar

Senin, 11 Juni 2012 - 14:14 WIB
PR bahasa Inggris Napoleon terjual Rp3,9 miliar
PR bahasa Inggris Napoleon terjual Rp3,9 miliar
A A A
Sindonews.com - Sepucuk surat yang ditulis oleh kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte dalam bahasa Inggris terjual seharga USD400 ribu atau setara Rp3,9 miliar.

Surat tersebut dilelang di rumah lelang Osenat di Fontainebleau, Paris bagian selatan. Surat bersejarah itu terjual lebih tinggi lima kali dari perkiraan awal.

Surat tersebut adalah salah satu surat yang dikirim Napoleon kepada guru bahasa Inggrisnya. Menurut pihak penyelenggara lelang, acara lelang berlangsung sangat sengit. Surat tersebut dibeli oleh Musium Sastra dan Naskah Prancis.

Surat tersebut menjadi bernilai tinggi karena digolongkan dalam surat yang unik dan memiliki nilai hitoris tersendiri. Surat itu ditulis oleh Napoleon pada Maret 1816 selama ia berada di pengasingan di selatan pulau Saint Helena.

Saat ia menulis surat tersebut ia baru belajar mengeja dalam bahasa Inggris. Surat tersebut adalah pekerjaan rumah (PR) yang ia kirimkan ke guru bahasa Inggrisnya untuk dikoreksi.

Diketahui kondisi surat tersebut disegel dan dicap lilin elang kekaisaran. Tulisan Napoleon dalam bahasa Inggris di dalam surat tersebut penuh dengan kesalahan.

Napoleon di asingkan dan menghabiskan sisa hidupnya di Saint Helena setelah ia kalah dalam petempuran Waterloo pada tahun 1815. Mantan kaisar Prancis tersebut meninggal di pengasingan pulau pada tanggal 5 Mei 1821 dalam usia 52.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4800 seconds (0.1#10.140)