Presiden Somalia selamat dari serangan militan

Rabu, 30 Mei 2012 - 12:29 WIB
Presiden Somalia selamat dari serangan militan
Presiden Somalia selamat dari serangan militan
A A A
Sindonews.com - Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed selamat dari serangan kelompok militan Islam. Iring-iringan konvoi lapis baja Presiden Ahmed diserang saat sedang melintasi sebuah jalan yang menghubungkan antara Afgoye dan Mogadishu yang berjarak 30 km.

’’Pasukan Somalia dan Uni Afrika memukul mundur serangan kelompok Al-Shabab,"ungkap Letkol AU, Paddy Ankunda seperti diberitakan dalam BBC.co.uk Rabu (29/5/2012).

Pemerintah Somalia mengatakan, akibat serangan militan Al-Shabab, seorang tentara tewas tertembak. Sementara empat orang dikabarkan mengalami luka-luka.

Pejabat Somalia mengatakan, Presiden jarang melakukan perjalanan di luar ibu kota. Sebelum melakukan perjalanan, Senin, 27 Mei, pasukan Uni Afrika telah mensterilkan wilayah yang akan dilalui oleh iring-iringan mobil presiden.

Kelompok militan Islamis Al-Shabab mengklaim mereka dalang di balik aksi penyerangan ini. Aksi yang dilakukan oleh Al-Shabab semakin berani sejak kelompok ini bergabung dengan kelompok militan Al-Qaeda tahun lalu. Al-Shabab bercita-cita menerapkan syariah Islam di Somalia.

Afgoye merupakan sebuah kota yang menjadi benteng utama bagi kelompok Al-Shabab. Sebuah benteng yang sangat menguntungkan bagi kelompok Al-Shabab, sebanyak 400 ribu orang bermukim di sana.

Jika pertempuran pecah pecah maka Al-Shabab bisa dengan mudah melarikan diri kedalam pemukiman penduduk. Selain itu, dekatnya jarak antara kota Afgoye dan Mogadishu menjadi keuntungan tersendiri, mempermudah akses penyerangan ke ibu kota.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)
pixels