Gerhana matahari cincin terjadi di Pasifik & Amerika

Senin, 21 Mei 2012 - 19:06 WIB
Gerhana matahari cincin terjadi di Pasifik & Amerika
Gerhana matahari cincin terjadi di Pasifik & Amerika
A A A
Sindonews.com - Fenomena gerhana matahari cincin pada pagi ini menghiasi langit dari Pasifik, Asia hingga Amerika Serikat (AS). Gerhana tersebut mulai terlihat di bagian barat AS, dari California hingga ke Texas. Sementara di Asia fenomena langit ini nampak di China, Taiwan dan Jepang.

"Sangat mengagumkan," ungkap anak-anak di sekolah Marcos Doporto di Albuquerque, New Mexico, AS, saat menanti gerhana matahari cincin ini, Senin (21/5/2012).

Gerhana matahari cincin terbentuk saat bulan bergerak mendekati matahari, dimana sebagian matahari seakan seperti dimakan oleh bulan. Beberapa saat kemudian letak bulan tepat di tengah letak matahari. Yang diikuti bayangan bulat matahari berubah menjadi cincin yang berpijar selama empat menit.

Di Jepang, Gerhana matahari yang pernah terjadi 173 tahun lalu ini disaksikan oleh hampir 30 juta orang di Jepang dengan menggunakan kacamata hitam dengan berbagai motif. Bahkan stasiun Tv utama Jepang mengelar siaran langsung menonton gerhana matahari cincin dari awal hingga usai.

Tak hanya itu akibat dari fenomena yang sangat jarang terjadi ini semua tiket penerbangan menuju Tokyo untuk mengamati gerhana terjual habis. Seorang pengunjung, Sadanobu Takahashi, 60, mengatakan ia dan istrinya sengaja bergabung dalam tur dua hari di Tokyo khusus menyaksikan gerhana matahari. "Lihat cincinya terbentuk sempurna," ungkap Takahashi kepada istrinya.

Demi memfilmkan sebuah fenomena alam ini, raksasa elektonik Panasonic mengutus sebuah tim mendaki gunung Fuji setinggi 3776 m.

Sementara itu, di Hongkong banyak orang kecewa karena mereka hanya bisa menyaksikan fenomena langka tersebut kurang dari satu menit. Langit mendung akibatnya pemandangan luar biasa tersebut tertutup awan.

Di los Angeles, ribuan orang berkumpul di bukit dekat observatorium Griffith. Dari atas bukit pemandangan gerhana terlihat sangat luar biasa jelas tanpa ada gangguan awan. Gerhana matahari cincin terjadi 20 tahun sekali di AS. Pihak observatorium juga kehabisan stok kaca mata gerhana seharga USD 2,99.

Fenomena gerhana matahari cincin terjadi saat bulan berada menutupi matahari, namun karena letak matahari yang terlalu jauh dari bumi makan matahari hanya menyisakan cincin api.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)