Korsel & AS latihan militer udara gabungan

Senin, 07 Mei 2012 - 18:56 WIB
Korsel & AS latihan militer udara gabungan
Korsel & AS latihan militer udara gabungan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) hari ini memulai latihan perang angkatan udara gabungan di semenanjung Korea.

Latihan militer yang diberi nama Max Thunder itu, merupakan bagian dari simulasi latihan perang militer yang rutin digelar oleh kedua negara. Latihan militer ini, bertujuan untuk menunjukkan kesiapan perang Korsel dan AS.

Berdasarkan keterangan Angkatan Udara Korsel, latihan AU gabungan itu diikuti sedikitnya 60 pesawat tempur. Seperti KC-135 dan AWACS pesawat pengisi bahan bakar, serta pesawat pengintai.

“Latihan akan digelar mulai hari ini hingga 18 Mei mendatang. Latihan Max thunder kali ini merupakan yang terbesar, sejak dimulai dari tahun 2008," ujar Juru Bicara Angkatan Udara Korea Selatan seperti dikutip Press TV, Senin (7/5/2012).

Ditambahkan, sejumlah pasukan AS yang berada di Korsel jumlahnya mencapai 28 ribu pasukan. Sebelumnya, kedua negara telah melakukan latihan militer gabungan di laut bagian timur semenanjung Korea. Latihan gabungan itu dimulai sejak Maret 2012.

Terkait, terus memburuknya hubungan antara Korsel dan Korea Utara (Korut) paska peluncuran satelit Korut, pada April lalu membuat Korut selalu wasapada akan gerak gerik tetangganya. Pemerintah Korut, jadi tambah waspada.

Sebaliknya, mereka balik mengecam latihan gabungan Pemerintah Korsel dan AS, karena diduga memiliki kepentingan jahat terhadap negeri mereka.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4849 seconds (0.1#10.140)