Obama mendadak kunjungi Afghanistan

Rabu, 02 Mei 2012 - 13:15 WIB
Obama mendadak kunjungi Afghanistan
Obama mendadak kunjungi Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan. Kunjungan Obama itu untuk mencari solusi mengakhiri perang sekaligus penarikan 23.000 pasukan AS dari Afghanistan pada akhir musim panas mendatang.

Obama juga menyampaikan bahwa bulan ini North Atlantic Treaty Organization (NATO) akan segera menyusun sebuah target yang harus dicapai oleh pasukan Afghanistan. Ia berharap rakyat Afghanistan bisa menjaga keamanan di negaranya sendiri.

"Kami tidak akan membangun pangkalan militer permanen. Kami juga tidak akan melakukan patroli di pegunungan dan di berbagi kota di negara ini. Semua itu nantinya akan menjadi kewajiban rakyat Afghanistan,"kata Obama di Pangkalan Udara Bagram seperti diberitakan dalam CNN, Rabu (2/5/2012)

Kunjungan Obama ke Afghanistan kali ini bertepatan dengan setahun serangan AS yang menewaskan pimpinan tertinggi Al-qaeda Osama bin Laden. Pemerintah AS akan melakukan pembicaraan langsung dengan kelompok Taliban.

"Kami akan berusaha memberikan kejelasan status bagi kelompok Taliban di masa depan. Jika mereka memutuskan hubungan dengan Al-qaeda, menghentikan berbagai aksi kekerasan, dan mematuhi aturan hukum yang berlaku...jalan menuju perdamaian akan segera tercipta," ungkap Obama dalam CNN, Rabu, (2/5/2012)

Obama juga berjanji akan menarik mundur pasukannya dan sebelum hal tersebut terjadi. Ia mengatakan, pasukanya harus menyelesaikan pekerjaan yang telah dijalani dan menyudahi perang dengan cara yang bertanggung jawab.

Kedatangan Obama ke Afghanistan bersifat sangat rahasia, waktu keberangkatan dan kepulangan juga sangat dirahasiakan. Ia dikabarkan tiba di Afghan saat malam hari.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3726 seconds (0.1#10.140)