Obama desak Korut ikut jaga ketertiban dunia

Senin, 26 Maret 2012 - 18:03 WIB
Obama desak Korut ikut jaga ketertiban dunia
Obama desak Korut ikut jaga ketertiban dunia
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menantang pemimpin Korea Utara (Korut) untuk menciptakan perdamaian dunia, sambil memperingatkan bahwa dunia akan murka jika mereka gagal melakukannya.

Berbicara dihadapan sejumlah pemimpin negara dalam KTT nuklir yang di gelar di Seoul, Korea Selatan (Korsel), Obama berjanji untuk menciptakan dunia yang damai tanpa ada senjata nuklir.

Obama memperingatkan Korut, bahwa rencana peluncuran satelit menyulut ketegangan di Semenanjung Korea. Dimana tidak hanya Korsel tetapi Jepang juga mengancam akan menembak satelit tersebut jika Korut benar-baner menjalankan rencananya pada 12 dan 16 April mendatang.

"Semuanya harus jelas. Rencana korut meluncurkan sebuah satelit dengan bantuan rudal mengundang provokasi, anda merusak keamanan yang belum anda capai. Anda juga mencoreng martabat anda, anda juga akan lebih terisolasi dengan rancana anda, " ungkap Obama seperti diberitakan dalam The bellingham herald, Senin (26/3/2012)

Selain memberikan peringatakan kepada Korut, Obama juga memberikan peringatan kepada Iran. "Para pemimpin Iran tidak bisa lari dari keputusan sebelumnya, mereka juga tidak memiliki pilihan lain. Saat ini Iran harus bersungguh-sungguh menjalankan kewajibannya untuk menghentikan program pembangunan nuklirnya yang terlarang" ungkap Obama.

Pada kesempatan itu, dia juga mengatakan bahwa, perlu dibuat sebuah kesepakatan baru dengan Korut dan Iran. Sebuah perjanjian yang mengikat dan harus ditegakan, setiap pelanggaran diberikan konsekuensi.

Secara pribadi Obama menyampaikan keinginanya di masa mendatang, sebagai ayah dan komandan negara yang memiliki kode persenjataan nuklir ia ingin menghapus ancaman nuklir melalui pemusnahan.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5783 seconds (0.1#10.140)