China kritik aksi bakar diri biksu Tibet

Jum'at, 02 Maret 2012 - 19:10 WIB
China kritik aksi bakar diri biksu Tibet
China kritik aksi bakar diri biksu Tibet
A A A
Sindonews.com - Pemerintah China kritik sikap Dalai Lama yang memuji aksi bakar diri yang dilakukan para biksu di Tibet.

Juru bicara sidang tahunan Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, Zhao Qizheng mengatakan aksi bakar diri yang dilakukan oleh para biksu mendapat tepuk tangan dari Dalai Lama.

Zhao menyesali terjadinya insiden ini, sebelum insiden ini terjadi sempat ada orang yang meramalkan dimana dan kapan bahwa insiden ini akan terjadi. Saksi mata yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa ada beberapa orang yang berusaha mencegah aksi ini namun dihalangi. Aksi ini juga direkam video oleh beberapa di lokasi.

Zhao secara tidak langsung mengeluarkan satu pendapat yang secara tidak langsung menyindir sikap Dalai Lama yang telah memuji aksi berani para biksu ini.

"Berdasarkan informasi yang telah saya dengar, publikasi aksi ini para biksu ini telah mendapai pujian dari dia (Dalai Lama)," ungkap Zhao seperti dikutip dalam Xinhua, Jumat (2/3/2012).

Dalam beberapa bulan terakhir para biksu telah melakukan serangkaian aksi bakar diri di Tibet, tepatnya di perbatasan antara provinsi Sichuan dan Qinghai. Sejumlah massa juga telah menyerang dua buah kantor polisi, dan melukai lusinan orang.

Zhao mengatakan bahwa aksi tersebut bukanlah aksi yang bijaksana. Dia juga menyebut aksi tersebut tidak menghargai kehidupan. Zang meminta orang-orang tidak melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh para biksu ini.

"Penting bagi anda untuk menghindari aksi yang sangat menyesatkan ini. Jangan sampai anda kehilangan nyawa anda untuk sebuah aksi ekstrim seperti ini," tandas Zang.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2758 seconds (0.1#10.140)