Serbia jadi anggota Uni Eropa

Jum'at, 02 Maret 2012 - 15:00 WIB
Serbia jadi anggota Uni Eropa
Serbia jadi anggota Uni Eropa
A A A
Sindonews.com - Sejumlah pemimpin Uni Eropa (UE) sepakat untuk menerima pencalonan keanggotaan Serbia menjadi anggota UE.

UE menggelar pertemuan puncak di Brussels, dalam pertemuan tersebut UE merundingkan dan menyepakati berbagai hal, salah satunya adalah menerima pencalonan diri Serbia menjadi anggota UE.

Sebuah kalimat dalam draf menyatakan saat ini Serbia menjadi negara yang akan diproses keanggotaanya dalam UE.

Rumania sebelumnya tidak setuju dengan pencalonan Serbia ini. Pasalnya, selama ini Serbia tidak bisa memberikan hak-hak perlindungan terhadap kelompok etnis kecil warga Rumania di negara pecahan Yugoslovia.

Serbia secara resmi mengajukan diri sebagai anggota UE pada tahun 2009. Persetujuan kali ini barulah tahap awal, Serbia harus menunggu proses pencalonan berjalan sekitar satu tahun lagi.

Pencalonan diri Serbia menjadi anggota UE sempat terhalang. Jerman mengatakan Serbia telah mengalami ketegangan hubungan dengan Kosovo yang pada saat itu menyatakan kemerdekaannya pada 2008, namun tidak diakui oleh Serbia.

Presiden Serbia, Boris Tadic, kini bisa sedikit lebih tenang, negaranya akan diproses dalam keanggotaan UE. Ia mengatakan sudah melakukan apa saja yang diminta oleh UE agar bisa menerima pencalonan negaranya.

UE menerima pencalonan Serbia, setelah Serbia berupaya menormalkan hubungan dengan Kosovo dan bersedia untuk memenuhi tuntutan UE untuk menahan orang yang terlibat kejahatan perang.

"Saat ini UE menetapkan status calon bagi Serbia," ujar Boris seperti di lansir dalam Ria novosti, Jumat (2/3/2012).(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)