Lagi, biksu Tibet bakar diri

Sabtu, 18 Februari 2012 - 12:40 WIB
Lagi, biksu Tibet bakar diri
Lagi, biksu Tibet bakar diri
A A A
Sindonews.com - Seorang biksu Tibet tewas setelah menyulut tubuhnya dengan api pada Jumat 17 Februari kemarin. Biksu yang tewas tersebut diketahui sebagai biksu yang cukup memiliki pengaruh kuat di Provinsi Qinghai, China.

Insiden ini menandakan bahwa wilayah China, khususnya di wilayah barat, masih diliputi masalah pertentangan yang tak kunjung usai. Biksu yang melakukan aksi nekat ini dikenal sebagai guru di biara Bongthak Ewam Tare Shedrup Dhargey Ling. Demikian diberitakan The New York Times, Sabtu (18/2/2012).

Biksu bernama Tamchoe Sangpo tersebut, juga dikenal sebagai anggota komite biara Tibet di wilayah Themcen, Provinsi Qinghai. Berdasarkan pangkat, Sangpo memegang tanggung jawab yang cukup besar di komite biara dan diakui oleh pemerintah setempat.

Insiden terakhir ini menambah jumlah biksu yang melakukan aksi bakar diri. Sebagian besar dari mereka melakukan aksinya untuk membuktikan protes terhadap Pemerintah China.

20 orang biksu tercatat tewas dalam aksi bakar diri sebagai bentuk protes tersebut. Biksu Tibet memang tidak menginginkan China menguasai wilayah mereka. Selain itu, mereka juga menginginkan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama, untuk kembali ke Tibet.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4124 seconds (0.1#10.140)