Skotlandia belum siap merdeka

Rabu, 15 Februari 2012 - 13:23 WIB
Skotlandia belum siap merdeka
Skotlandia belum siap merdeka
A A A
Sindonews.com - Jelang kemerdekaannya, banyak pertanyaan yang belum dijawab Perdana Menteri (PM) Skotlandia. Komite Westminster Inggris minta Skotlandia memberi penjelasan atas banyak masalah yang belum terjawab menyangkut hari kemerdekaan di Skotlandia.

Ada banyak hal yang belum dipersiapkan oleh Skotlandia untuk membentuk negara baru. Skotlandia belum memiliki pengaturan perbankan, pengaturan pembiayaan pensiun, dan mata uang nasional. Selain itu, masalah utang dan kebutuhan paspor warga Skotlandia juga menjadi masalah yang harus diselesaikan.

Skotlandia juga tidak memiliki kejelasan tentang pertahanan dan biaya kemerdekaan. Partai Skotlandia, The Scottish National Party mengatakan bahwa laporan ini sangat memalukan.

Westminster memulai penyelidikan ini sejak Oktober 2011, penyelidikan awalnya terkait dengan dampak potensial akibat jajak pendapat yang akan dilakukan oleh Skotlandia pada musim gugur 2014 mendatang.

Westminster, meminta sekertaris Skotlandia untuk bekerja sama dalam menyediakan informasi yang tidak berpihak pada rakyat Skotlandia.

Sementara itu, Ketua Komite Buruh Skotlandia, Ian Davidson meragukan berdirinya negara Skotlandia.

"Sebuah pertanyaan besar yang mebingungkan adalah bagaimana Skotlandia akan mengatur pembagian sumber daya, menyangkut hak dan tanggung jawab," ungkap Ian seprti dikutip dalam BBC.co.uk Rabu (15/2/2012)

Skotlandia dan Inggris bersatu sejak Raja James I dari Inggris mewarisi tahta Inggris dan Irlandia pada 1603. kemudian pada 1 Mei 1707, Skotlandia turut serta dalam persekutuan politik bersama Inggris untuk menciptakan Kerajaan Britania Raya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4529 seconds (0.1#10.140)