Pencarian korban Costa Concordia dihentikan

Rabu, 01 Februari 2012 - 11:32 WIB
Pencarian korban Costa Concordia dihentikan
Pencarian korban Costa Concordia dihentikan
A A A
Sindonews.com - Tim penyelam akhirnya memutuskan untuk menghentikan pencarian korban tenggelam Kapal pesiar Costa Concordia di Pulau Giglio, Tuscan, Italia. Karena pencarian korban hingga ke bagian bawah kapal sangat berisiko.

"Kami telah menghentikan upaya pencarian korban hilang di bagian bawah kapal yang tenggelam," ungkap Juru bicara tim penyelamat Luca Cari seperti dikutip dalam AFP, Rabu (1/2/2012).

Badan perlindungan sipil setempat, yang melakukan pengawasan upaya pencarian mengatakan, keputusan penghentian pencarian korban telah dikonsultasikan dengan keluarga korban, dan kedutaan-kedutaan besar. Mereka turut memberikan andil dalam keputusan ini.

Walau secara resmi pencarian korban telah dihentikan, namun tim penyelamat akan terus melakukan upaya pencarian di bagian dasar maupun sekitar kapal sejauh tujuh mil dari lokas tenggelamnya kapal.

Sampai saat ini jumlah korban tewas dalam insiden ini berjumlah 32 orang. Sebanyak 17 orang tewas telah ditemukan di bagian dalam kapal, sementara 15 orang lainnya masih hilang.

Proses pencarian korban hilang sempat ditangguhkan beberapa kali akibat gelombang ombak yang kencang sempat membuat sedikit pergeseran pada bagian kapal yang tenggelam di antara batu karang.

Sejuah ini perubahan kondisi di dalam kapal Costa Concordia tidak dapat diterima. Para penyelam menggambarkan bahwa kondisi bagian bawah kapal yang tenggalam sangat rumit.

Koridor dipenuhi air dan funitur. Akibatnya mereka sulit menjangkau seluruh bagian kapal. Tim penyelam juga hanya diberikan waktu selama 50 menit dalam sekali penyelaman.

Setelah secara resmi dihentikan, para pekerja mulai mempersiapkan upaya untuk memompa bahan bakar keluar dari dalam tangki kapal untuk menghindari risiko tumpahan minyak.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6603 seconds (0.1#10.140)