Chile perkuat pertahanan Antarika

Selasa, 17 Januari 2012 - 15:20 WIB
Chile perkuat pertahanan Antarika
Chile perkuat pertahanan Antarika
A A A
Sindonews.com – Chile akan meningkatkan pertahanan di Antartika. Rencananya, peningkatan pertahanan di Chile tersebut akan menerapkan empat langkah strategis.

Presiden Chile Sebastian Pinera mengungkapkan kebijakan pertahanan Chile di Antartika akan menyangkut empat langkah. Langkah ini dia sebut sebagai pilar. Pada pilar pertama akan mendirikan pangkalan-pangkalan baru di Antartika. Kementerian Pertahanan sedang mencari lokasi yang tepat untuk pembangunannya.

“Pilar kedua, yakni akan meperkuat wilayah Magallanes dan Chilena (Pintu gerbang menuju Antartika),” ungkap Pinera seperti dikutip dalam Xinhuanet, Selasa (17/1/2012)
Di wilayah Selatan Chile, di pusat Kota Punta Arenas merupakan lokasi penting menuju Antartika. Kota ini dianggap penting karena keunikannya.

Setelah melakukan kunjungan ke Pulau Raja George di Antartika pada pada Jumat 13 Januari 2012, Pinera akan mengintegrasikan 67 lembaga Chile ke dalam satu kesatuan. Penyatuan ini merupakan pilar yang ketiga. Dia menambahkan penyatuan ini tidak akan melanggar perjanjian Antartika.

Pinera mengatakan langkah ini ini diambil untuk memperkuat kepemimpinannya di Chile dan mempromosikan kekuatan Antartika. Pilar terakhirnya adalah mengembangkan Magallanes dan Antartika Daerah Chilena menjadi kawasan wisata.

“Chile merupakan pemain penting di Antartika. Karena Chile merupakan Negara yang memiliki stasiun penelitian di Antartika,” katanya.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5201 seconds (0.1#10.140)