Ma Ying-jeou menang dalam pemilu presiden Taiwan

Minggu, 15 Januari 2012 - 11:15 WIB
Ma Ying-jeou menang...
Ma Ying-jeou menang dalam pemilu presiden Taiwan
A A A
Sindonews.com - Presiden Taiwan Ma Ying-jeou kembali memenangkan pemilihan umum presiden yang berlangsung pada Sabtu (14/1/2012). Kemenangan tersebut mengantarkan Presiden Ma memasuki periode ke dua pemerintahannya.
Terpilihnya kembali Ma tidak hanya disambut gembira oleh para pendukungnya namun juga oleh Pemerintah China.

"China akan sangat senang menyambut kemenangan ini. Beijing tidak perlu menggunakan rudal namun mereka dapat membeli Taiwan melalui bisnis. Komunitas bisnis Taiwan yang telah menanamkan modalnya di China sangat mendukung kemenangan Ma," ujar pengamat hubungan internasional Yen Chen Shen dari Taiwan National Chengchi University seperti dikutip The Washington Post, Minggu, (15/1/2012).

Ma yang berasal dari Partai Nasionalis Kuomintang dalam masa kampanyenya menjanjikan hubungan yang lebih harmonis dengan China. Hal ini bertolak belakang dengan pesaingnya Tsai Ing-wen yang berasal dari Partai Progresif Demokratik yang mendukung kemerdekaan Taiwan.

Kendati hasil resmi belum diumumkan namun Komisi Pemilihan Umum Taiwan mengatakan, Partai Nasionalis pimpinan Ma berhasil meraih 51.6 persen suara dalam pemilu sedangkan Tsai Ing-wen melalui Partai Demokratik Progresif mendapatkan 45,6 persen suara.

Beijing dan Washington memantau secara ketat proses pemilu Taiwan. Bagi Beijing Ma adalah kandidat terbaik guna menggiring Taiwan kembali dalam pengaruh China. Para pengamat mengatakan, kemenangan Ma dalam pemilu Taiwan akan semakin mempertajam perbedaan sikap China dengan Amerika Serikat.

AS sendiri menyatakan bersikap netral dalam pemilu Taiwan. Namun AS menekankan, penting bagi Paman Sam untuk menjaga hubungan antara China dan Taiwan sebagai kunci perdamaian dan pembangunan ekonomi regional.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)