Mesin pengatur DNA tercepat dibuat

Rabu, 11 Januari 2012 - 11:47 WIB
Mesin pengatur DNA tercepat dibuat
Mesin pengatur DNA tercepat dibuat
A A A
Sindonews.com - Sebuah perusahaan biokima menyatakan pihaknya telah mampu membuat sebuah mesin yang mampu mengatur ulang kode Deoxyribose Nucleic Acid (DNA) manusia hanya dalam waktu satu hari.
Kabarnya perusahaan Life Technologies mematok biaya USD 1.000 bagi tiap pasien yang hendak merubah genom yang sangat membantu untuk perawatan secara medis.

Perusahaan Life Technologies hari Selasa kemarin mengatakan, mesin pengubah DNA seharga USD 149.000 ini telah terdaftar di tiga lembaga penelitian.

Secara teknis mesin ini mampu melakukan pengurutan tiga miliar bangunan blok kimia yang membentuk DNA seseorang.

Ketua Life Technologies Jonathan Rothberg mengatakan, mesin-mesin yang pengkode DNA yang dikeluarkan beberapa tahun yang lalu membutuhkan waktu enam sampai delapan minggu untuk mengkode DNA seseorang.

“Mesin ini memiliki kekuatan 1.000 kali lebih kuat dari teknologi yang ada,” ungkap Jonathan menjelaskan seperti dikutip dalam Al-jazeera Rabu (11/1/2012).

Ahli jantung dan kepala petugas akademik rumah sakit swasta California, Erictapol mengatakan, Penemuan ini merupakan kemajuan yang luar biasa dan dapat mengubah obat-obatan.

Sementara itu, Kepala Divisi Kedokteran Kardiovaskular di Stanford University dan ahli dalam genetika penyakit jantung, Thomas Quertermous mengatakan dirinya mendukung pengobatan secara genetik di dalam klinik.

“Namun, tindakan pengobatan secara genetik harus dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat, tidak dapat digunakan jika waktunya belum tiba,” tandasnya.

Ada beberapa Ilmuwan dan dokter mengaku khawatir jika mesin ini digunakan bukan untuk menyembuhkan pada pasien yang menderita penyakit. Jika hal ini terjadi maka menjadi masalah etika dan hukum, dan medis.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6785 seconds (0.1#10.140)